Language  
Official website: Department of Biology, Faculty of Mathematics and Natural Sciences IPB

Site Search

triangle

News

First Day of Grand Seminar

  • 2 April 2014
  • Last modified at 2 April 2014

Komisi Pendidikan (Komdik) Biologi IPB mengeluarkan kebijakan tentang seminar akbar untuk mengakomodasi banyaknya mahasiswa biologi IPB yang akan mempresentasikan hasil penelitian sebelum semester 8 tahun 2013 berakhir. Seminar disajikan oleh 18 mahasiswa dalam 3 hari, yaitu pada tanggal 15, 16 dan 18 Juli 2013.

Presenter seminar pada hari pertama, yaitu hari Senin, 15 Juli 2013 adalah Puji Rachmatul Aliyah dan Riana Hartati yang keduanya dibimbing oleh Ir. Agustin Widya Gunawan, M.Si. Puji Rachmatul Aliyah mempresentasikan hasil penelitian dengan judul “Keragaman Oxydothis Penz & Sacc (Fungi, Xyariales) pada Palem (Arecacea) di Kebun Raya Bogor”. Dalam penelitian ini dia berhasil mengidentifikasi 16 spesies Oxydothis yang hidup pada pohon palem yang ada di Kebun Raya Bogor. Presenter berikutnya adalah Riana Hartati dengan judul “Deteksi Keragaman Cendawan yang Terbawa Benih Terung (Solanum melongena)”. Dia menemukan 5 jenis cendawan yang terbawa benih terung. Benih terung yang diperoleh dari petani mempunyai keragaman cendawan yang lebih tinggi dibanding benih terung komersial.

Presenter ketiga pada seminar hari pertama ini adalah Nurifah Muchti Handayani yang dibimbing Oleh Dra. Taruni Sri Pratiwi, M.Si. Judul makalahnya adalah “Inventarisasi dan Identifikasi Tungau Ektoparasit pada Cicak di Pasar dan Suaka Marga Satwa Muara Angke, Jakarta”. Dari 4 spesies cicak rumah, Nurifah berhasil menemukan empat jenis tungau Geckobia.

[Abduh]

Export Article

Share this article