Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Dua Dosen Departemen Biologi Mendampingi Peneliti Asing Berbicara tentang Air di SMA Kornita

  • 30 Oktober 2015
  • Terakhir diubah pada 2 November 2015

Air adalah molekul penting yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Peran air sangat penting terutama karena air adalah penyusun utama sel makhluk hidup. Kualitas air salah satunya akan menentukan kelangsungan hidup suatu makhluk hidup, salah satunya manusia. Terkait dengan hal tersebut, Dr. Yasuhiro Kato, seorang peneliti dari Aqua Lab, Health Science Center, Peking University, mengemukakan pentingnya menjaga kualitas air untuk kelangsungan hidup manusia. Dr. Kato menegaskan bahwa air yang terpolusi oleh aktivitas manusia membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menjadi jernih secara alami.

Dr. Kato mengemukakan hal tersebut pada kegiatan yang bertajuk ‘Seminar Peran Biosains untuk Pemanfaatan air yang Berkelanjutan’ yang diselenggarakan oleh SMA Kornita pada 30 Oktober 2015. Kegiatan yang dihadiri oleh puluhan siswa SMA Kornita ini juga dihadiri oleh beberapa mahasiswa Departemen Biologi. Bertindak sebagai moderator pada kegiatan ini adalah Dr. Kanthi Arum Widayati dan Windra Priawandiputra Ph.D sebagai ketua panitia. 

Pada kegiatan ini, Dr. Bambang Suryobroto, Lab Ekologi dan Biosistematika Hewan, Departemen Biologi, juga berbicara mengenai peranan air dalam membentuk komposisi tubuh. Lebih lanjut, Dr. Bambang menceritakan bagaimana Indeks Massa Tubuh manusia sejatinya terkait dengan metabolisme air di dalam tubuh. Pada kesempatan yang sama, Dr. Achmad Farajallah, Lab Fisiologi dan Tingkah Laku Hewan, menyampaikan bagaimana agama telah memerintahkan untuk menjaga kualitas air, salah satunya dengan menghemat penggunaan air.

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini