Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Bionic 2018

  • 7 Mei 2018
  • Terakhir diubah pada 22 Mei 2018

Bionic (Biology on Science and Application) 2018 merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) IPB. Rangkaian acara tahun ini mengambil tema Local Bioresources for National Food Security dengan tujuan lebih membuka dan memperluas pengetahuan mengenai isu-isu pangan, khususnya di Indonesia. Bionic 2018 terdiri dari rangkaian acara, seperti LKTIN (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional), lomba esai, seminar nasional, dan workshop. Kegiatan BIONIC 2018 dilakukan selama 2 hari 3 malam, yaitu dari tanggal 4 Mei 2018 sampai 6 Mei 2018. Peserta LKTIN merupakan mahasiswa, baik sarjana maupun diploma, dan peserta esai merupakan siswa/i SMA dari seluruh Indonesia, sedangkan kegiatan seminar nasional dan workshop diikuti oleh mahasiswa dan masyarakat umum.

Kegiatan LKTIN diikuti oleh 26 orang  finalis yang terdiri dari 9 tim mewakili  6 universitas di Indonesia, dan lomba esai diikuti oleh 9 finalis yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Finalis LKTIN dan esai merupakan peserta  yang mendapatkan sepuluh peringkat terbaik setelah dilakukan seleksi  oleh juri dan tim kompetisi. Para finalis kemudian mengikuti kegiatan berupa presentasi dan poster untuk LKTIN serta poster untuk esai. Finalis mendapatkan pengarahan berupa technical meeting pada 4 Mei 2018 di ruang baca Departemen Biologi IPB sebelum presentasi dan poster dan mulai berlomba pada hari Sabtu, tanggal 5 Mei 2018 pukul 07.00 WIB dan selesai pada pukul 14.00 WIB. Para finalis juga mengikuti kegiatan galadinner yang diadakan pada Sabtu, 5 Mei 2018 malam, setelah perlombaan selesai dilaksanakan. Galadinner dimulai pada pukul 18.30 WIB sampai 21.00 WIB. Kegiatan galadinner ini bertujuan agar peserta dapat lebih saling mengenal, baik dengan sesama peserta maupun dengan panitia. Rangkaian acara dalam galadinner terdiri dari penampilan seni tari kontemporer, akustik, makan malam bersama, dan permainan yang diikuti oleh seluruh finalis dan beberapa pendamping.

Workshop yang dilakukan pada BIONIC 2018 mengambil topik “Inovasi Produk Jamur WeiQi sebagai Alteratif Makanan Cepat Saji Bernutrisi Tinggi” dengan pembicara Prof. Dr. Ir. Lisdar A. Manaf (Lisdar I. Sudirman)  dan “Bee and Bee Pollen Diversity from Indonesian Local Honey” dengan pembicara Dr. Ir. Rika Raffiudin M.Si. Workshop dilaksanakan pada Sabtu, 5 Mei 2018 dari pukul 08.00 WIB sampai  16.00 WIB. Kegiatan workshop ini terbagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pertama mengenai tepung jamur WeiQi yang dilaksanakan pada pukul 08.40 sampai 10.00 kemudian sesi kedua mengenai polen lebah yang dilaksanakan pada pukul 10.10 sampai 15.30 Workshop sesi pertama mengajak peserta untuk belajar cara mengolah makanan dengan menggunakan bahan dasar tepung WeiQi. Demonstrasi pengolahan tepung WeiQi dilakukan di departemen Biologi IPB. Workshop sesi kedua dibagi ke dalam 4 pos. Pada pos-pos ini peserta akan belajar cara memanen madu, mengetahui persebaran madu di wilayah Sumatra sampai Sulawesi, mencicipi madu, mengidentifikasi asal tanaman dari madu yang dihasilkan, dan mengidentifikasi polen dari madu yang dipasarkan.

Hari terakhir, yaitu Minggu, 6 Mei 2018, dilaksanakan kegiatan seminar nasional. Kegiatan seminar dimulai pada pukul 08.40 dan selesai pada pukul 15.30. Pembaicara pada kegaitan seminar terdiri dari 4 orang. Pembicara pertama adalah bapak Desmarwansyah, SP. M.Sc. sebagai Director Biotech and Seed CropLife Indonesia. Materi yang dibawakan adalah mengenai Biotechnology as Tool for Food Security. Pembicara kedua adalah Prof, Dr. Ir. F. G. Winarno sebagai Bapak Tenologi Pangan Indonesia yang membawakan materi tentang Ilmu Pangan dan Teknologi Masa Lampau, Kini, dan Masa Depan. Pembicara ketiga adalah Ir. Stefanus Indrayana sebagai General Manager Corporate Communication PT. Indofood Sukses Makmur, yang membahas tentang Role of Food Industry in Fod Value System. Pembicara terakhir adalah Prof. Dr. Aris Tri Wahyudi M.Si. sebagai dosen dan guru besar divisi Mikrobiologi Departemen Biologi IPB, yang membawakan materi dengan judul Plant-Microbes Interaction.

Perlombaan LKTIN dimenangkan oleh Universitas Diponegoro sebagai juara 1 dengan judul karya “Formulasi Z-CHLOE (Zea mays L. dan Chlorella sp.) sebagai Bahan Pangan Bagi Penderita Diabetes Melitus”, juara 2 dimenangkan oleh Institut Pertanian Bogor dengan judul karya “Hunger Bank: Sistem Penangan Sampah Organik Menggunakan Teknologi Biokonversi oleh Lalat Tentara Hitam (Hermentia illucens) untuk Menghasilkan Pakan Ternak dalam Upaya Pemenuhan Protein Masyarakat Kota Bogor”, juara 3 dimenangkan oleh Universitas Diponegoro dengan judul karya “Modifikasi Tepung Labu Kuning secara Biologi Menggunakan Bakteri Asam Laktat dan Bantuan Penyinaran Microwave sebagai Bahan Pengganti Biji Gandum dalam Pembuatan Roti”. Presentasi terbaik LKTIN dimenangkan oleh tim “Hunger Bank: Sistem Penangan Sampah Organik Menggunakan Teknologi Biokonversi oleh Lalat Tentara Hitam (Hermentia illucens) untuk Menghasilkan Pakan Ternak dalam Upaya Pemenuhan Protein Masyarakat Kota Bogor” dari Institut Pertanian Bogor dan juara poster terbaik dimenangkan oleh Universitas Gadjah Mada dengan judul karya “Gatot Chips: Inovasi Gatot dari Singkong sebagai Cemilan Sehat Tinggi Serat dalam Optimalisasi Pemanfaatan Pangan Lokal Daerah Istimewa Yogyakarta”. Perlombaan esai dimenangkan oleh Ulfiyaningsih dari MAN 2 Bulukumba dengan judul karya “Subtitusi Tepung Pisang Kepok (Musa paradisiaca farma typica) pada Olahan Pangan sebagai Alternatif Pengganti Tepung Terigu” sebagai juara 1. Juara 2 dimenangkan oleh Anton Hendra Kusuma dari SMAN 1 Kepanjen denga judul karya “Inovasi Produk Kacang Tunggak sebagai Bahan Pangan Lokal dalam Menjaga Stabilitas Ketahanan Pangan Nasional”, sedangkan juara 3 diraih oleh  Fina Khilmiyatul Elyda dari SMAN 1 Kepanjen dengan judul karya  “Ubi Gubung Kawi sebagai Endemik Khas Kabupaten Malang yang Kaya Nutrisi” juara poster favorit diraih oleh Anton Hendra Kusuma dari SMAN 1 Kepanjen.

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini