Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Jelajahi Situ Gunung, Departemen Biologi Siap Mengupdate Data Keanekaragaman Hayati dan Potensinya

  • 12 Juli 2019
  • Terakhir diubah pada 14 Juli 2019

“Warna-warni tumbuhan aja aku perhatikan, apalagi kamu” gombal seorang mahasiswa Program Studi Sarjana (S1) Biologi saat mengamati gradasi warna pada suatu daun tumbuhan.

Sementara itu, beberapa mahasiswa terlihat terjun langsung dan berenang di danau Situ Gunung untuk mengeksplorasi keanekaragaman hewan di dalamnya. Beberapa mahasiswa lainnya mengambil sebongkah tanah yang nanti akan diamati kandungan mikroorganismenya.

Hal tersebut merupakan sedikit gambaran dari kegiatan Studi Lapangan (SL) Departemen Biologi yang diadakan di Situ Gunung, Sukabumi. Di kawasan yang juga merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) ini, mereka mengeksplorasi keanekaragaman hayati sekaligus menelaah apa potensinya.

“Kawasan TNGGP cukup luas. Kami masih memerlukan data keanekaragaman hayati kawasan ini, termasuk Situ Gunung. Oleh karena itu, kami sangat mendukung terlaksananya kegiatan ini” ungkap Wahju Rudianto, S.Pi., M.Si., Kepala Balai Besar TNGGP

Wahju juga menyebutkan bahwa kegiatan SL ini sekaligus memberikan gambaran kerjasama mutualisme antara IPB University dan Balai Besar TNGGP untuk mendukung cita-cita TNGGP sebagai pusat pendidikan dan penelitian konservasi alam Indonesia.

 “Mereka tidak hanya melakukan eksplorasi, yang penting lagi adalah bagaimana mereka bisa bekerjasama dalam tim dan mampu beradaptasi menghadapi dinamika kehidupan lapang”, ujar Mafrikhul Muttaqin S.Si., M.Si., dosen Departemen Biologi yang juga ketua panitia SL.

“Selain kegiatan penelitian lapang, para mahasiswa dan dosen juga melakukan beberapa kegiatan masyarakat seperti donasi buku, pengenalan biopori, dan praktik budidaya stingless bee”, Lanjutnya.

Kegiatan SL ini akan dilanjutkan dengan kegiatan seminar dan pameran hasil SL, serta penerbitan buku hasil kegiatan SL yang diharapkan dapat memberikan gambaran data keanekaragaman hayati kawasan Situ Gunung dan potensinya.

 

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini