Language  
Official website: Department of Biology, Faculty of Mathematics and Natural Sciences IPB

Site Search

triangle

Silabus S3 Biologi Tumbuhan

  • Last modified at 14 March 2018
Silabus Mata Kuliah
   
PPS500 Bahasa Inggris
Mata kuliah ini berbobot 3 SKS dan merupakan mata kuliah yang terbuka bagi seluruh mahasiswa pascasarjana baik program magister maupun doktor. Pelajaran Bahasa Inggris diberikan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa SPs dalam memperdalam ilmu, khususnya untuk meningkatkan kemampuan membaca materi akademik, menulis, membuat ringkasan hasil penelitian dan menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris, baik secara pasif maupun secara aktif.
 
 
PPS702 Falsafah Sains
Pengkajian pengetahuan dan sains secara luas yang mencakup epistemologi (logika, ontologi, aksiologi, teleologi), etika, estetika, dan pembahasan peranan ipteks dan moralitas dalam kehidupan untuk mencari kebenaran demi kemaslahatan umat manusia. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS.
 
 
BOT701 Kolokium
Kolokium merupakan sarana bagi mahasiswa untuk menyajikan rencana penelitian disertasi yang telah dikonsultasikan dengan komisi pembimbing. Kolokium dilaksanakan di depan mahasiswa, dosen pembimbing, dan pengampu mata kuliah. Hasil akhir dari kolokium berupa proposal penelitian yang telah siap digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan penelitian disertasi.
 
 
BIO731 Evolusi Keanekaragaman Tumbuhan
Membahas tentang keragaman tumbuhan dari berbagai sudut pandang, seperti keragaman morfologi, anatomi, fisiologi, dan genetika yang dikaitkan dengan perjalanan evolusi dan ekologi dari tumbuhan tersebut. Disamping itu juga dibahas tentang mekanisme adaptasi dari berbagai ragam tumbuhan terhadap ekologi tertentu. Topik-topik terbaru dari aspek-aspek tersebut di atas akan menjadi bahan diskusi mahasiswa.
 
 
BIO741 Analisis dan Presentasi Data Biologi
Matakuliah ini menyajikan topik bahasan yang mencakup bagaimana teknik mendapatkan data biologi, menganalisis dan menginterpretasi-kannya secara benar serta mempresentasikan hasil melalui presentasi dan poster ilmiah secara efektif sampai menulis artikel ilmiah untuk dipublikasikan pada jurnal ilmiah, teknik membuat proposal penelitian ilmiah dan bagaimana menulis disertasi juga dibahas dalam mata kuliah ini. Perkuliahan dilengkapi dengan tugas dan latihan menganalisis data biologi, membuat poster ilmiah, mempersiapkan dan melakukan presentasi oral, membuat proposal penelitian, serta menulis artikel untuk publikasi dalam jurnal ilmiah.
 
 
BIO742 Biologi Molekular Tumbuhan
Mata kuliah ini akan membahas pendekatan molekular yang digunakan dalam mempelajari dan memecahkan masalah-masalah biologi tumbuhan dari mulai pertumbuhan, perkembangan, respon fisiologi tumbuhan terhadap lingkungan, keragaman dan ekologi tumbuhan. Dalam kuliah ini akan dipelajari dan didiskusikan topik-topik antara lain, overview pendekatan dasar molekular dalam biologi tumbuhan: model/sistem ekspresi gen dan analisis genetik; pendekatan molekular dalam mempelajari: pembelahan sel, perkembangan tumbuhan (embriogenesis, meristem, akar, pembungaan); pensinyalan hormon, respons tumbuhan terhadap cekaman biotik dan abiotik, biodiversitas, sistematika dan ekologi tumbuhan; rekayasa genetik pada tumbuhan, projek genom Arabidopsis dan Padi.
 
 
BIO790 Seminar Biologi Tumbuhan
Mempresentasikan topik khusus dalam biologi tumbuhan sesuai dengan minat mahasiswa di bawah arahan dosen pembimbing (ketua komisi pembimbing mahasiswa bersangkutan) dalam suatu seminar departemen biologi yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa pascasarjana departemen biologi atau mayor biologi tumbuhan. Seminar ini bisa disubtitusi dengan presentasi seminar pada pertemuan ilmiah nasional atau internasional.
 
 
BIO743 Transpor & Metabolisme Unsur Hara Tumbuhan
Mata kuliah ini membahas tentang prinsip unsur hara tumbuhan dari pengetahuan klasik sampai terkini, transport dan metabolismenya di dalam tumbuhan. Topik yang dipelajari meliputi definisi dan klasifikasi unsur hara tumbuhan, fisiologi hara, ketersediaan hara, pergerakan hara dari tanah sampai tumbuhan; absorpsi dan tranport yang meliputi ion uptake, transpor jangka pendek dan panjang di dalam tumbuhan, mobilitas hara dalam floem, tinjauan fisiologi dan molekular tranport melalui ion channel, transporter dan bagian lain dari membran; asimilasi dan fungsi unsur hara di dalam tumbuhan yang meliputi unsur hara makro, fiksasi N biologis, hara mikro; aspek-aspek ekologi, genetik dan molekular dari unsur hara, variasi genetik dalam pengambilan unsur hara, kompetisi unsur hara, adaptasi tumbuhan terhadap defisiensi dan keracunan unsur hara. Kuliah akan dilengkapi dengan seminar dan diskusi.
 
 
BIO745 Interaksi Tumbuhan - Mikroba
Matakuliah ini menjelaskan tentang interaksi antara tumbuhan dan mikroba dengan penekanan pada pengetahuan tentang interaksi yang bersifat simbiotik dan penerapannya pada bidang pertanian. Materi yang diberikan mulai dari jenis-jenis interaksi, simbiosis penambat nitrogen, metabolisme karbon-nitrogen, proses dan gen-gen yang terlibat dalam simbiosis, pendekatan atau metode yang dapat digunakan dalam analisis tentang interaksi antara tumbuhan dan mikroba, pemanfaatan simbiosis di bidang pertanian. Disampaikan pula secara terbatas tentang aspek molekular dari interaksi yang bersifat patogenik.
 
 
BIO744 Fisiologi Tumbuhan Lanjut
Kuliah ini menjelaskan tentang fisiologi tumbuhan C3, C4, dan CAM, struktur dan perkembangan ekosistem, respon fotosintesis terhadap CO2 dan suhu global, efek lingkungan terhadap tumbuhan, fisiologi perakaran, fisiologi tanaman epifit, fitoremediasi, dan fisiologi tumbuhan penambang polutan.
 
 
BIO747 Genetika Fisiologi Tumbuhan
Organisasi genetik, ekson dan intron, gen struktural, regulasi ekspresi gen; elemen pengontrol dan fungsi gen; penyaringan selektif; isozim dan penggunaannya sebagai ciri dan alat genetik; fisiologi dan genetika interaksi parasit dan inangnya; pengontrol genetik pada protein biji; mutan-mutan yang mempengaruhi fotorespirasi; flavonoid dan karotenoid; mutan dan zat pengatur tumbuh; transfer DNA ke dalam tumbuhan; mutan auksotropik pada tumbuhan; peranan genetika fisiologi dalam pemuliaan tanaman.
 
 
BIO733 Populasi, Komunitas dan Sistem Ekologi
Mata kuliah ini menjelaskan tentang pengertian dari populasi komunitas dan sistem ekologi. Pengertian populasi mencakup sifat karakteristik populasi, kepadatan, kelahiran, kematian, seks ratio, struktur individu dalam `populasi, penyebaran populasi dan pola pertumbuhan populasi. Pengertian komunitas mencakup sifat karakteristik dari komunitas, perkembangan komunitas, organisasi komunitas dan fungsi komunitas. Pengertian system ekologi mencakuop tentang teori dan prinsip dasar sisitem ekologi, teori keseimbangan dalam system ekologi, Hukum Termodinamik 1 dan 2, Fungsi dari komponen komponen yang ada dalam system ekologi, jaring jaring makanan, prinsip dasar lingkungan dan peranan system ekologi dalam pembangunan pertanian
 
 
BIO735 Strategi Konservasi Tumbuhan Tropika
Nilai dari keanekaragaman hayati tropika alami; kehilangan keanekaragaman hayati tropika; strategi untuk konservasi keanekaragaman hayati tropika; kebijakan nasional dalam konservasi keanekaragaman hayati tropika; dorongan kebijakan lingkungan internasional dalam konservasi keanekaragaman hayati tropika; insentif terhadap konservasi keragaman hayati lokal; pengelolaan keanekaragaman hayati tropika dalam lingkungan manusia; konservasi spesies, populasi, dan keragaman genetik; pengelolaan sumberdaya manusia untuk melindungi keanekaragaman hayati tropika.
 
 
BIO732 Fitogeografi dan Keragaman Tumbuhan Tropika
Matakuliah ini menyajikan materi yang mencakup ulasan mengenai sebaran tumbuhan tropis dunia, karakteristik tropis dari Flora Afrika, Malesiana dan Amerika Latin. Jenis penghasil devisa dan kayu serta nir kayu dibelahan Indonesia Barat dan Timur, serta famili dan jenis utama penghuni pulau-pulau besar Indonesia. Ragam simbiosis tumbuhan dari makrosimbion dan mikro simbion didalam ekosistem alamiah tropis dan kegiatan pertanian , optimasi trofobiosis, interaksi cahaya dan produktivitas tanaman terkait analisis gradasi lahan dalam membangun mimik multistrata komunitas tumbuhan tropis menuju produktivitas lokal yang optimum.
 
 
BIO737 Falsafah Taksonomi
Mata kuliah ini membahas tentang Perkembangan pemikiran klasifikasi dari Theophrathes sampai sekarang. Intuisi, diktum, teori Hennig. Intervensi teori evolusi dan kladistika dalam pola pikir penyusunan Klasifikasi.
 
 
BIO739 Seluk Beluk Konsep Jenis
Mata kuliah ini membahas tentang perkembangan konsep jenis dan Linneaus sampai kini, berawal dari konsep jenis morfologi, biologi, internodon dan komposit. Penerapan konsep tersebut dalam penyelesaian permasalahan taksonomi
 
 
BIO734 Filogeni dan Sistematika Tumbuhan
Mata kuliah ini membahas sejarah perkembangan konsep analogi dan homologi, paralelisme dan konvergensi, filogenetik dan filetik. Pengembangan dendogram menjadi pohon filogeni, fenogram, kladogram dan makna pengertian klasifikasinya.
 
 
BIO799 Disertasi dan Ujian Akhir
Merupakan tugas akhir mahasiswa program doktor di Departemen Biologi sebagai salah satu syarat kelulusan yang meliputi kegiatan penelitian baik di laboratorium maupun di lapang, dan penulisan disertasi
 
 
BIO797 Publikasi Ilmiah Internasional
Merupakan bagian dari kegiatan penelitian disertasi yang dituangkan ke dalam artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi
 
 
BIO798 Publikasi ilmiah 2
Merupakan bagian dari kegiatan penelitian disertasi yang dituangkan ke dalam artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah internasional yang memiliki reputasi
 
 
BIO703 Pra Penelitian
Pra Penelitian adalah suatu kegiatan terhitung satuan kredit yang menekankan pada tugas-tugas mandiri untuk mempersiapkan penelitian disertasi yang dilakukan di laboratorium penelitian dari calon pembimbing utama.
 
 
PPS790 Seminar
Seminar adalah penyajian hasil-hasil penelitian (tesis atau disertasi) dalam suatu forum ilmiah Sekolah Pascasarjana untuk mendiseminasikan hasil penelitian , baik secara tertulis maupun secara lisan, menyerap masukan dari forum untuk penyempurnaan tesis, menambah wawasan ilmiah, dan meningkatkan kompetensi komunikasi ilmiah Memberikan cara penulisan berbagai karya ilmiah yang mencakup penulisan usulan proyek dan laporan, termasuk juga cara penyampaian dan penyajian data, pembuatan slide dan transparansi, serta penggunaan komputer dengan Liquid Crystal Display (LCD) Viewer

Export Article

Share this article