Language  
Official website: Department of Biology, Faculty of Mathematics and Natural Sciences IPB

Site Search

triangle

Silabus S3 Mikrobiologi

  • Last modified at 25 April 2016
Silabus Mata Kuliah
     
PPS500 Bahasa Inggris 3(3-0)
Mata kuliah ini berbobot 3 SKS dan merupakan mata kuliah yang terbuka bagi seluruh mahasiswa pascasarjana baik program magister maupun doktor. Pelajaran Bahasa Inggris diberikan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa SPs dalam memperdalam ilmu, khususnya untuk meningkatkan kemampuan membaca materi akademik, menulis, membuat ringkasan hasil penelitian dan menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris, baik secara pasif maupun secara aktif.
 
 
PPS702 Falsafah Sains 2(2-0)
Pengkajian pengetahuan dan sains secara luas yang mencakup epistemologi (logika, ontologi, aksiologi, teleologi), etika, estetika, dan pembahasan peranan ipteks dan moralitas dalam kehidupan untuk mencari kebenaran demi kemaslahatan umat manusia. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS.
 
 
BIO711 Sistem Biologi Prokariot 3(2-3)
Mata kuliah ini memberikan wawasan sains dan konteks filosofi yang berhubungan dengan sistem biologi pada prokariot khususnya bakteri. Dalam kuliah ini akan dideskripsikan perkembangan terakhir dan mendalam mengenai aspek fisiologi, genetika, ekologi, dan biosistematika.
 
 
BIO721 Sistem Biologi Cendawan 3(2-3)
Mata kuliah ini membahas tentang dunia cendawan yang mencakup perkembangan sistematika terkini cendawan dari berdasarkan konsep morfologi, fenetik, molekuler, filogenetiknya, variasi genetik serta genetika sistem kawinnya, proses metabolisme primer dan sekunder yang unik cendawan serta fisiologi adaptasi. Bahasan juga mencakup strategi hidup, komunikasi individu dalam komunitas, dan fungsi cendawan dalam kebugaran ekosistem serta topik-topik terkini lainnya.
 
 
BIO713 Biologi Molekuler dan Keragaman Prokariot 3 (2-3)
Mata kuliah ini menjelaskan berbagai aspek biokimia dan genetik yang melandasi keragaman fisiologi, habitat, peranan ekologi, dan bioteknologi dari organisme prokariot. Pokok bahasan meliputi sistem tranduksi energi, evolusi dan taksonomi prokariot serta berbagai contoh yang mewakili sesuai dengan perkembangan/penemuan yang terbaru dengan pendekatan dari segi biologi molekuler, biokimia dan ekofisiologi. Mata kuliah ini di lengkapi dengan praktikum yang diperlukan untuk menunjang pemahaman teori yang diberikan.
 
 
BIO722 Biologi Mikoriza dan Aplikasinya 3 (2-3)
Mata kuliah ini menjelaskan tentang perkembangan mutakhir yang sangat dinamis dari mikoriza yang mencakup materi dasar dan aplikasinya. Materi yang diberikan mulai sejarah perkembangan, ragam mikoriza, ragam fungi mikoriza, fisiologi, ekologi, genetika, interaksi dengan inang pada tingkat sel dan molekuler, interaksi dengan organisme lain, peran mikoriza dalam berbagai aspek seperti siklus nutrisi, pupuk hayati, pengendali hayati hama dan penyakit tanaman, bioremediasi serta aspek teknologi produksi inokulum, ektomikoriza pangan dan obat-obatan, dan rekayasa genetikanya. Mata kuliah ini dilengkapi dengan praktikum yang diperlukan untuk menunjang pemahaman teori yang diberikan.
 
 
BOT701 Kolokium 1
Kolokium merupakan sarana bagi mahasiswa untuk menyajikan rencana penelitian disertasi yang telah dikonsultasikan dengan komisi pembimbing. Kolokium dilaksanakan di depan mahasiswa, dosen pembimbing, dan pengampu mata kuliah. Hasil akhir dari kolokium berupa proposal penelitian yang telah siap digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan penelitian disertasi.
 
 
BIO712 Rekayasa Genetika Mikrob 3(2-3)
Mata kuliah ini membahas prinsip dasar dalam kloning molekuler, berbagai teknik/strategi dalam kloning DNA, konstruksi pustaka cDNA, pustaka genom dan metagenom, berbagai strategi dalam identifikasi/deteksi gen, fusi transkripsi dan translasi, ekspresi dan overekspresi gen di E. coli, deteksi hasil ekspresi gen, directed mutagenesis dan rekayasa protein, molecular farming, dan produksi berbagai produk komersial hasil rekayasa genetika. Rekayasa genetika pada bakteri gram positif dan yeast (khamir) juga akan dibahas dalam kuliah ini.
 
 
BIO715 Biologi Bakteri Patogen 2(2-0)
Mata kuliah ini membahas tentang proses terjadinya penyakit oleh bakteri patogen pada manusia yang penting untuk diteliti dalam rangka pengendalian dan pencegahannya. Mempelajari dan mengkaji faktor virulensi yang dimiliki oleh bakteri gram positif dan negatif penyebab penyakit mayor di Indonesia, desain cara mendeteksi, regulasi dan ekspresi toksin maupun enzim. Kuliah ini banyak membahas jurnal internasional yang memuat hasil penelitian sesuai topik.
 
 
BIO714 Ekspresi Gen dan Pengendaliannya 3(2-3)
Memberikan wawasan untuk mempelajari analisis ekspresi gen dan pengendaliannya. Meliputi berbagai aplikasi “omics” dan pengaturan regulasi ekspresi pada prokariot dan eukariot. Perkembangan keterkinian terkait bidang ini di bahas secara khusus dari jurnal.
 
 
BIO799 Disertasi dan Ujian Akhir 13
Merupakan tugas akhir mahasiswa program doktor di Departemen Biologi sebagai salah satu syarat kelulusan yang meliputi kegiatan penelitian baik di laboratorium maupun di lapang, dan penulisan disertasi
 
 
BIO702 Tugas Prapenelitian 3
Mata kuliah Topik Khusus mencakup pra-penelitian dan studi pustaka yang mengarah kepada penelitian untuk disertasi.
 
 
BIO716 Biologi Aktinomiset dan Produktivitasnya 3(2-3)
Mata kuliah Biologi Aktinomiset dan Produktivitasnya mencakup pengkajian perkembangan terkini biologi dan produktivitas aktinomiset dengan penekanan pada biologi Streptomyces, fisiologi, genetik, produksi antibiotik dan senyawa metabolit lain, pertumbuhan dan preservasi, dan teknik identifikasi. Diskusi juga akan mencakup perkembangan penelitian aktinomiset dan bioprospeksinya. Pendalaman materi juga akan dilakukan melalui kegiatan praktikum untuk beberapa materi kajian.
 
 
BIO797 Publikasi Ilmiah Internasional 4
Merupakan bagian dari kegiatan penelitian disertasi yang dituangkan ke dalam artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi
 
 
BIO798 Publikasi ilmiah 2 4
Merupakan bagian dari kegiatan penelitian disertasi yang dituangkan ke dalam artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah internasional yang memiliki reputasi
 
 
PPS790 Seminar 1(0-1)
Seminar adalah penyajian hasil-hasil penelitian (tesis atau disertasi) dalam suatu forum ilmiah Sekolah Pascasarjana untuk mendiseminasikan hasil penelitian , baik secara tertulis maupun secara lisan, menyerap masukan dari forum untuk penyempurnaan tesis, menambah wawasan ilmiah, dan meningkatkan kompetensi komunikasi ilmiah Memberikan cara penulisan berbagai karya ilmiah yang mencakup penulisan usulan proyek dan laporan, termasuk juga cara penyampaian dan penyajian data, pembuatan slide dan transparansi, serta penggunaan komputer dengan Liquid Crystal Display (LCD) Viewer

Export Article

Share this article