Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Profil Hirmas Fuady Putra S.Si., M.Si.

Biodata

Nama Lengkap Hirmas Fuady Putra S.Si., M.Si.
E-mail hf.putra [at] gmail.com
Situs Web https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=57194087574
Bagian Ekologi dan Sumberdaya Tumbuhan
Minat Riset
  • Restoration Ecology
  • Ecosystem Function
  • Revegetation Technique
  • Plant Habitat
Profil Google Scholar

Riwayat Pendidikan

Jenjang Jurusan Universitas
S1 Biology Bogor Agricultural University (IPB)
S2 Environmental Biology Bandung Institute of Technology (ITB)

Penelitian

Penelitian Tahun
Potensi beberapa jenis tumbuhan penghasil biodisel sebagai fitoremeditor pada lahan tambang
uji jenis tumbuhan penghasil biodiesel sebagai fitoremediator tambang emas
2017-2018
Evaluasi Ekologis dan Pengembangan Model Reklamasi Lahan Pascatambang Timah di Pulau Bangka
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi struktur dan fungsi ekosistem lahan pascatambang timah di Bangka dan mengembangkan model reklamasi yang tepat berdasarkan hasil evaluasi ekologis terhadap lahan tersebut. Metode evaluasi kondisi ekologis terdiri dari penentuan lokasi, pengukuran mikroklimat, pengukuran karakteristik tanah, Ecosystem Function Analysis (EFA) yang meliputi Landscape Function Analysis (LFA), analisis vegetasi, dan analisis kompleksitas habitat, dilakukan pada tiga jenis lahan, yaitu lahan pascatambang yang belum direklamasi (A), lahan pascatambang yang telah direklamasi (B), dan hutan alami (C) sebagai reference site. Setelah itu, dilakukan eksperimen revegetasi terdiri dari perlakuan perubahan pada tanah, meliputi kontrol, ripping, ripping + kompos; dan rezim revegetasi spontan dan penanaman.
2016
Rehabilitasi Lahan Bekas Tambang pada Kawasan Quarry
Sejumlah bakteri pelarut foffat (P) dan pelarut kalium (K), bakteri penambat nitrogen, dan penghasil indole-3-acetic acid (IAA) telah berhasil diisolasi dari kawasan penambangan batu kapur di Cirebon. Bakteri-bakteri ini telah diseleksi, dicampur, dan dikemas menjadi produk pupuk hayati. Penggunaan pupuk hayati ini dapat menggantikan penggunaan pupuk kimia sintetik pada tanaman semai (bibit). Bakteri pelarut fosfat dan kalium mampu menghasilkan substansi yang dapat melarutkan P dan K yang terikat dalam tanah. Bakteri penambat nitrogen (N) dapat mengurangi penggunaan pupuk urea. Ada pula bakteri yang menghasilkan indole-3-acetic acid dikenal dengan nama auksin yang merupakan zat pemacu pertumbuhan tanaman. Filosofi dasar dari proyek penelitian ini yaitu melakukan rehabilitasi pada tanah bekas tambang dengan tipe sandy clay dengan menggunakan teknologi sederhana yang baru dan tidak mahal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memanfaatkan formulasi yang mengandung bakteri pelarut P dan K, bakteri penambat N, penghasil IAA sebagai pupuk hayati pada tanaman yang ditanam di lahan bekas tambang di Hambalang, (2) melakukan revegetasi di area bekas tambang dengan menggunakan tanaman fitoremediasi seperti lamtoro (Leucaena leucocephala), ki hujan (Albizia saman), and angsana (Pterocarpus indicus) yang diaplikasikan dengan mengguankan dan kompos dan konsorsium bakteri dengan metode penggaruan (ripping) dan tanpa penggaruan pada tanah, dan (3) mwlakukan evaluasi kondisi ekologi pada kawasa bekas tambang.
2016
Evaluasi Ekologis dan Tingkat Revegetasi Lahan Pascatambang Timah
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi ekologis dan melakukan eksperimen revegetasi untuk mengetahui tingkat revegetasi lahan pascatambang timah di Air Mungkui, Kabupaten Belitung. Metode evaluasi kondisi ekologis terdiri dari penentuan lokasi, pengukuran mikroklimat, pengukuran karakteristik tanah, Ecosystem Function Analysis (EFA) yang meliputi Landscape Function Analysis (LFA), analisis vegetasi, dan analisis kompleksitas habitat, dilakukan pada tiga jenis lahan, yaitu lahan pascatambang yang belum direklamasi (A), lahan pascatambang yang telah direklamasi (B), dan hutan alami (C) sebagai reference site. Eksperimen revegetasi terdiri dari perlakuan perubahan pada tanah, meliputi kontrol, ripping, ripping + kompos; dan rezim revegetasi spontan dan penanaman.
2013

Publikasi

Judul Tahun
Hoya species of Belitung Island, Indonesia, utilization and conservation
SRI RAHAYU, Y FAKHRURROZI, HF PUTRA
Biodiversitas Journal of Biological Diversity 19 (2), 369-376, 2018
2018
Landscape Function of Post Tin-Mining Land After Reclamation in Bangka, Indonesia
HF Putra, Sulistijorini, NS Aryanti
IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 58 (1), 012018, 2017
2017
Rehabilitation of Ex-Mining Quarry Area with Phytoremediation Plants and Biological Fertilizer Application
NR Mubarik, HF Putra, D Fitriyanti, M Adani, I Abidin
2016
Karakteristik Fisiologis Lumut pada Beberapa Ketinggian di Kawasan Gunung Tangkuban Perahu
HF Putra, DS Ambarwati, N MUBYRASIH, T Alesti
Jurnal Sumberdaya Hayati 1 (2), 2015
2015
Pertumbuhan Vegetatif dan Reproduktif Tanaman Padi dan Jagung pada Berbagai Dosis dan Waktu Aplikasi Pupuk Hayati
HF Putra
2010