Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Lima Mahasiswa Departemen Biologi Mengikuti Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa IPB

  • 22 Desember 2014
  • Terakhir diubah pada 21 April 2015

Hari Minggu 21 Desember 2014 merupakan hari libur beraktivitas bagi sebagian orang, tapi tidak untuk kelima mahasiswa Departemen Biologi:  Arnian, Rezki, Fadli, Apip dan Nurul Suci. Lima mahasiswa tersebut aktif mengisi waktu liburnya dengan hal bermanfaat. Kali ini mereka mengikuti rangkaian pertama Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM) yang diadakan oleh Direktorat Kemahasiswaan IPB di Hotel Santa Monica 1 Pancawati, Caringin, Bogor.  Suci merupakan perwakilan UKM Resimen Mahasiswa, sedangkan empat mahasiwa lainnya menjadi perwakilan Dept. Biologi, FMIPA-IPB.

Sehari sebelumnya, Mafrikhul Muttaqin M.Si. sudah hadir di tempat kegiatan sebagai perwakilan Komisi Kemahasiswaan Departemen Biologi. Beliau bersama Komisi Kemahasiswaan dan pembina unit kegiatan mahasiswa se-IPB bersama mendapatkan pelatihan tentang aplikasi Neuro-linguistic Programming (NLP) dalam bidang pendidikan dan mengadakan diskusi tentang kegiatan kemahasiswaan di IPB.

Pada hari Minggu tersebut, rombongan tiap perwakilan Himpro dan LK se-IPB berangkat bersama sekitar pukul 05.30 WIB dari kampus IPB Darmaga menuju tempat kegiatan. “Bersyukur bisa berinteraksi dengan mahasiswa yang sudah berkontribusi banyak di kampus dan sedang dalam proses pengubahan Indonesia menjadi lebih baik”, ujar Suci Aulia. Sesampainya di lokasi, rombongan sudah disuguhi oleh asrinya pemandangan pegunungan dan kelezatan hidangan pembuka.

Tibalah pada rangkaian pertama dari LKMM yakni pembekalan materi yang dibuka oleh Dr.Ir. Rinekso Soekmadi, MSc.F.Trop selaku Direktur Kemahasiswaan IPB. Beliau menjelaskan bahwa program ini merupakan upaya IPB dalam menciptakan mahasiswa yang mampu membawa perubahan bagi IPB dan Indonesia kelak. Dilanjutkan materi kewirausahaan oleh Garuda Preneur Corp. sebagai upaya pembekalan mahasiwa dalam menghadapi masyarakat ekonomi asean (MEA). Materi tersebut menggugah mahasiswa IPB, selaku penyokong pertanian, agar menjadi wirausahawan pertanian yang mampu mengangkat citra produksi pertanian lokal di mata dunia. Hidup pertanian Indonesia!

Selanjutnya, pembekalan materi kepemimpinan oleh dr. Stefanus Isaac Tamzil. Beliau merupakan salah satu dari 39 orang di dunia yang meraih kehormatan untuk mengajarkan materi NLP – University, Santa Cruz, USA, mengenai materi Business Consulting dan Fundamental NLP ke seluruh dunia. “Materi kepemimpian yang beliau sampaikan, mudah dipahami dan menyentuh hati hingga kami keasyikan berdiskusi di grup WhatsApp bersama rekan-rekan sekelas sampai larut malam ” tambah Apip. Pak Stefanus hanya menyampaikan satu teori kepemimpinan saja, tapi efeknya sangat luar biasa bagi peserta LKMM. Mudah-mudahan kelima perwakilan tersebut bisa menjadi pemimpin yang mampu membawa perubahan besar di Departemen Biologi, IPB, dan Indonesia. Amin.

Akhirnya, sekitar pukul 15.00 WIB kegiatan pertama LKMM usai. Kegiatan ini akan dilaksanakan kembali di tahun 2015 dengan materi yang pastinya lebih seru. So, see you next time! (M. Rezki Rasyak)

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini