Bahasa
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Kuliah Umum Biologi Tumbuhan

• 5 April 2016
  • Terakhir diubah pada 5 April 2016

Pada hari kamis, 31 Maret 2016, telah dilaksanakan kuliah umum dari Muhammad Arief Budiman Ph.D. Beliau adalah ilmuwan  berkewarganegaraan Indonesia yang bekerja di Orion Genomic USA. Kuliah umum tersebut dilaksanakan di Ruang SPS.RD.02 Pascasarjana IPB dengan topik “Genomic: Manfaat dan Masa Depan Pengembangannya”. Pada kuliah tersebut, beliau berbagi pengalamannya mengenai penemuan biomarka (penanda molekuler) pada penyakit kanker, pengaplikasian gugus metil pada pembacaan gen tanaman, dan penemuan oil palm shell gene yang bersifat menguntungkan secara ekonomi pada kelapa sawit. Selain itu, beliau juga memperkenalkan teknologi mutakhir dalam penelitian berbasis genomik. Teknologi tersebut antara lain: MAS (Marker Assisted Selection/Breeding), GWAS( Genome- Assisted Selection/Breeding, Teknologi transgenik seperti RNAi,Tilling, dan  genome editing dengan teknik CRISPR/Cas.

Kegiatan kuliah umum ini terselenggara berkat kerjasama Program Studi Biologi Tumbuhan Sekolah Pascasarjana IPB, Direktorat Riset dan Inovasi IPB, Sekolah Pascasarjana IPB, Perhimpunan Bioteknologi Pertanian Indonesia, dan Indonesian Biotechnology Information Centre. Mahasiswa pascasarjana di Departemen Biologi dan berbagai program studi lainnya hadir mengikuti kegiatan ini.

(Miftahul Huda Fendiyanto)