Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Cerita SL (1): Serunya Bermain dengan Siswa Sekolah Dasar

  • 12 Agustus 2016
  • Terakhir diubah pada 28 Agustus 2016

Setiap tahunnya Departemen Biologi Institut Pertanian Bogor menyelenggarakan kegiatan akademik yang bertujuan melatih mahasiswa untuk melakukan penelitian kecil yang bertajuk Studi Lapang. Kegiatan ini biasa dilakukan dialih semester bagi mahasiswa tingkat tiga. Tahun ini, tepatnya di tanggal 25-28 Juli 2016, seluruh mahasiswa Biologi Angkatan 51 melaksanakan Studi Lapang di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK).

TNUK merupakan taman nasional yang berlokasi di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Selain itu, TNUK merupakan hutan hujan tropis yang menjadi habitat Badak Jawa dan beberapa primata serta pantai yang memiliki keanekaragaman hayati yang cukup tinggi. Hal tersebut pula yang menjadi pertimbangan dipilihnya tempat ini sebagai lokasi Studi Lapang tahun ini.

Berbeda dari biasanya, kegiatan SL tahun ini memiliki kegiatan yang lebih bervariatif, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah kunjungan ke beberapa sekolah. Selain itu, ada kegiatan pemberian sumbangan buku, penanaman pohon, dan nonton bareng masyarakat sekitar. Kegiatan ini terselenggara tentunya atas dukungan Bank Mandiri dan Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK).

Pada kesempatan SL kali ini, kunjungan sekolah dilakukan di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang berlokasi di Desa Taman Jaya. Kunjungan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat Departemen Biologi sekaligus tempat dilakukannya penelitian bagi beberapa mahasiswa yang melakukan SL dan mengambil tema Biologi Manusia.

Kunjungan ke sekolah dasar dilakukan pada 26 Juli 2016. Rombongan terdiri dari tiga kelompok mahasiswa SL yang dibimbing oleh Dr. Puji Rianti S.Si. M.Si. dan Mafrikhul Muttaqin M.Si., serta beberapa panitia pendukung. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi presentasi interaktif tentang lingkungan, pemutaran film, dan fun edukasi berupa pengenalan kesehatan anak melalui wahana permainan yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 1 hingga 6.

Sekitar pukul 8 pagi kami tiba di SDN Taman Jaya 3 dan langsung disambut oleh kepala sekolah, yaitu Pak Subandi serta beberapa guru. Kami dipersilahkan duduk dan memperkenalkan diri.  Kami yang diwakili ibu Dr. Puji Rianti mulai memaparkan teknis pelaksanaan kegiatan untuk hari itu. Pihak sekolah sangat antusias dengan kunjungan kami, bahkan Pak Subandi menyatakan bahwa kunjungan ini sangat bermanfaat bagi siswa sehingga bisa membuka wawasan mereka mengenai kesehatan dan lingkungan. Kami pun dipersilahkan memulai kegiatan dan langsung didampingi oleh Ibu Hotim sebagai koordinator dari sekolah untuk kegiatan hari itu.

Siswa-siswi SDN Taman Jaya 3 mulai berkumpul dan kami pun mulai berkenalan satu persatu dihadapan mereka.  Sebelum pemutaran film, Ibu Dr. Puji Rianti memulai acara dengan beberapa game yang sangat menarik antusiasme siswa-siswi yang hadir diruangan. Kemudian LCD dinyalakan, film pun mulai diputar. Film tersebut bercerita mengenai lingkungan, memaparkan bagaimana jika bumi dipenuli pastik, himbauan untuk mengurangi penggunaan plastik, serta tidak membuang sampah sembarangan.

Suasana makin memanas ketika bapak Mafrikhul Muttaqin M.Si mulai mengenalkan permainan ular tangga yang dirancang untuk mengenalkan kesehatan dengan cara yang menyenangkan. Didampingin oleh beberapa mahasiswi, siswa-siswi SD Taman Jaya 3 berkumpul membentuk kelompok-kelompok kecil dan bermain bersama.

Di sisi lain, beberapa mahasiswa ada yang melakukan pengambilan data mengenai variasi pada manusia di ruangan yang berbeda. Dari wajah-wajah mereka, nampak terpancar kebahagiaan bisa mendapat kunjungan dari kami dan belajar sambil bermain seharian. Diakhir acara, siswa-siswi dibagikan secarik kertas yang mereka gunakan untuk menuliskan impian dan cita-cita mereka kelak. Kertas, kertas itu kemudian digantungkan pada ranting-ranting pohon yang telah disiapkan oleh kami.

Siswa-siswi tersebut berebut untuk menaruh impian mereka di rating tertinggi, hingga mengakibatkan beberapa kertas terjatuh. Mungkin mereka berharap makin tinggi kertas itu digantung, kemungkinan cita-cita mereka terwujud semakin besar. Diakhir acara, kami pun berfoto bersama dan menyerahkan kenang-kenangan berupa pohon impian dan beberapa paket permainan ular tangga yang sempat tadi dimainkan. Semoga kunjungan kami bermanfaat. Bahkan Pak Subandi berharap kunjungan seperti ini  dapat berlangsung setiap tahunnya. Aamiin

(Eneng Nunuz R)

   

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini