Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Cerita SL (2): Menanam Bibit Pohon di Tepi Pantai

  • 20 Agustus 2016
  • Terakhir diubah pada 13 Oktober 2016

Hari berikutnya (27/7), rombongan dosen dan mahasiswa Departemen Biologi FMIPA IPB melanjutkan  kegiatan penelitian kecil di TNUK dan masyarakat di daerah sekitarnya. Kunjungan sekolah dilanjutkan pada tingkatan yang lebih tinggi yaitu  sekolah  menengah tingkat pertama di daerah Taman Jaya. Kegiatan ini masih berfokus ada penelitian ilmiah beberapa kelompok mahasiswa disertai dengan pengenalan isu perubahan lingkungan melalui pendekatan kehidupan masyarakat pesisir. Kunjungan ke sekolah menegah  tingkat pertama tersebut ditindaklanjuti dengan kegiatan penanaman bibit pohon pertama di kawasan pantai Tamanjaya pada keesokkan harinya. Dr. Hamim (wadek FMIPA, bidang SKP) dan Dr. Iman Rusmana (kadep Biologi) berkesempatan menyambut dan meletakkan bibit pohon pertama dan kedua tersebut. Hadir dalam kegiatan ini, siswa-siswi, mahasiswa, dan dosen Departemen Biologi.

Kegiatan SL Departemen Biologi, FMIPA, IPB tahun ini juga memberikan perhatian lebih dalam meningkatkan minat baca generasi muda, terutama mereka yang berdomisili di kawasan Tamanjaya. Peserta kegiatan SL berhasil mengumpulkan puluhan buku layak baca dan beberapa perangkat permainan edukasi kesehatan yang kemudian di serahkan kepada Taman Baca Rumah Tukik. Kegiatan ini mendapatkan sambutan positif dari para pengelola, anggota serta masyarakat sekitar kawasan Tamanjaya.  

Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) adalah salah satu taman nasional di pulau Jawa. Taman nasional yang terletak di provinsi Banten ini menjadi tujuan utama Studi Lapangan (SL, BIO390) mahasiswa Departemen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Institut Pertanian Bogor (IPB). Kegiatan SL merupakan salah satu mata kuliah wajib Departemen Biologi; di mana mahasiswa  melaksanakan kegiatan di lapangan serta melakukan penelitian kecil di bidang biologi. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa semester empat (4) dan dilaksanakan pada alih semester semester 4 ke 5. Pada tahun ini, kegiatan SL dilaksanakan pada tanggal 25-28 Juli 2016 dan didukung penuh oleh Bank Mandiri serta Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK).

Cerita SL (1)

 

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini