Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Dua Dosen IPB dikukuhkan menjadi anggota baru ALMI

  • 24 Agustus 2016
  • Terakhir diubah pada 1 September 2016

Dua dosen IPB, yakni Dr. Berry Juliandi (Departemen Biologi, FMIPA) dan Dr. Husin Alatas (Departemen Fisika, FMIPA) terpilih dan dikukuhkan menjadi anggota Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) pada Jumat (19/8) lalu di Wisma Ainun dan Habibie, Jakarta. Sebelumnya, satu dosen IPB yaitu Dr. Alan Koropitan (Departemen ITK, FPIK) telah menjadi anggota perdana ALMI sejak badan ini dibentuk pada tanggal 20 Mei 2015 berdasarkan Keputusan Presiden No. 9 tahun 2016. Hingga saat ini total 3 dosen IPB tercatat sebagai anggota ALMI.

ALMI merupakan badan otonom di bawah naungan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) yang dibentuk untuk mendorong peran ilmuwan muda dalam memajukan ilmu pengetahuan dan budaya ilmiah unggul di Indonesia dalam rangka peningkatan daya saing bangsa, mendorong terciptanya kemajuan ilmu pengetahuan garda depan melalui kolaborasi lintas disiplin di kalangan ilmuwan muda, mendorong terciptanya perangai ilmiah dan berkembangnya budaya ilmiah unggul pada generasi muda, mendorong penggunaan ilmu pengetahuan dalam perumusan kebijakan publik dan menjadi bagian dari gerakan akademi ilmuwan muda dunia dalam menjawab tantangan global.

Pada tahun ini, ALMI mengukuhkan 27 anggota baru dari berbagai bidang keahlian, baik sosial maupun natural sains, untuk melengkapi 13 anggota perdana yang telah dikukuhkan tahun lalu. Saat ini 40 anggota ALMI berasal dari berbagai institusi di Indonesia, seperti Universitas Indonesia (6 orang), Institut Teknologi Bandung (5 orang), LIPI (4 orang), IPB (3 orang), Universitas Gadjah Mada (3 orang), Universitas Hasanudin (3 orang), Universitas Padjajaran (2 orang), dan Universitas Tadulako, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Diponegoro, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Unika Widya Mandala, Universitas Ma Chung, Eijkman Institute for Molecular Biology, BPPT, Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia, CSIS, SurveyMeter, PT. Biofarma dan Kantor Staf Presiden RI yang masing-masing menyumbang 1 orang anggota.

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini