Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Dr. Rika Indri Astuti sebagai Pembicara pada International Conference on Yeast ke 14 di Jepang

  • 28 September 2016
  • Terakhir diubah pada 28 September 2016

Salah satu staf dosen Departemen Biologi, Dr. Rika Indri Astuti, M.Si diberi kehormatan untuk diundang sebagai pembicara pada penyelenggaraan International Conference on Yeast ke 14 (ICY14) yang diadakan di Awaji Yumebutai, Kobe, Jepang pada  11-15 September 2016. Dr. Rika Indri Astuti, M.Si berkesempatan untuk menyampaikan ulasan penelitian yang telah dilakukannya dengan judul presentasi oral “The important role of radical molecules to modulate antioxidant properties in fission yeast” pada sesi workshop Yeast Fermentation in Asia yang secara khusus disponsori oleh The Society for Biotechnology, Kansai Branch, Japan.

ICY merupakan pertemuan ilmiah empat tahunan yang memfokuskan diri pada perkembangan ilmu dasar dan aplikasi khamir pada berbagai bidang. Pelaksanaan event ICY disponsori oleh International Commission on Yeasts dibawah payung International Union of Microbiological Sciences (IUMS), yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 1955. Pertemuan ilmiah ini merupakan wadah komunikasi ilmiah para peneliti khamir dari berbagai aspek termasuk metabolisme, fisiologi, genetika, genomik, regulasi, ekologi, sistematika, filogeni, aplikasi pada bahan pangan, produksi bioenergi, dan medis.

Tema yang diusung pada gelaran ICY14 yang baru saja diselenggarakan adalah “Yeast for Global Happiness” yang mengandung arti keterlibatan khamir pada berbagai bidang kehidupan termasuk makanan & minuman, kesehatan dan farmasi, serta energi dan lingkungan. Pada acara ICY14, tidak kurang dari 440 pemerhati khamir yang berasal dari 40 negara hadir dan terlibat sebagai partisipan. Terdapat 185 presentasi oral dan  255 presentasi poster yang berpartisipasi pada gelaran ICY14 yang berlangsung 5 hari ini. Penyelenggaraan ICY14 yang diketuai oleh Prof. Hiroshi Takagi yang juga ketua International Commission on Yeasts, berlangsung sukses dan diharapkan memberikan dampak nyata bagi perkembangan ilmu  serta aplikasi khamir pada berbagai bidang. 

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini