Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

BIONIC 2017

  • 14 Juni 2017
  • Terakhir diubah pada 10 Juli 2017

Biology on Science and Application (BIONIC) merupakan salah satu program kerja Divisi Biosains Himpunan Mahasiswa Biologi Insitut Pertanian Bogor. BIONIC 2017 meliputi beberapa kegiatan yaitu seminar nasional, lomba esai tingkat SMA dan lomba karya tulis ilmiah mahasiswa, serta workshop dengan tema restorasi lahan pasca-tambang . BIONIC 2017 berlangsung selama dua hari dari tanggal 13-14 Mei 2017.  Hari pertama pada hari Sabtu, 13 Mei 2017 berlangsung kegiatan presentasi finalis lomba esai dan LKTI, bertepatan dengan itu dilangsungkan pula kegiatan workshop.Registrasi lomba esai dimulai pukul 08.30. Peserta esai terdiri dari tujuh peserta, dan masing-masing peserta diberi waktu presentasi dan tanya jawab selama 15 menit. Pukul 11.00WIB, acara dilanjutkan oleh presentasi LKTI sebanyak 10 kelompok, setiap kelompok diberi waktu presentasi dan tanya jawab masing-masing 15 menit. Acara lomba berakhir pada pukul 14.00 WIB.

Registrasi dan pengarahan acara workshop pada hari yang sama dilaksanakan di Ruang Baca Departemen Biologi pada pukul 08.00 hingga 8.45 WIB. Peserta workshop berjumlah 20 orang, dengan jumlah asisten 3 orang. Mobilisasi ke Arboretum Lanskap selama 15 menit, dan kegiatan dilapang dilakukan hingga pukul 11.15 WIB. Acara workshop ditutup dengan pemberian sertifikat dan plakat di Ruang Baca Biologi, workshop selesai pada pukul 14.00.

Saat malam harinya, Galadinner dilaksanakan di Auditorium FMIPA Institut Pertanian Bogor pukul 19.00-21.00 WIB yang diikuti oleh semua peserta dan panitia. Acara galadinner bertujuan memberikan hiburan terhadap peserta, dan mendekatkan antara peserta dan panitia. Acara diawali dengan tilawah, opening ceremony dengan musikalisasi puisi, sambutan ketua pelaksana BIONIC 2017, dan dilanjutkan sambutan oleh dosen. Acara selanjutnya yaitu makan malam dengan diiringi oleh hiburan, games dan penutupan oleh MC.

Hari kedua BIONIC 2017 dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Mei 2017 yaitu seminar nasional di Auditorium CCR yang dihadiri peserta sebanyak 163 orang dan 4 orang pembicara.

Achmad Sjarmidi (Dosen Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung), Yohanes Panurian (Planning Production and Control Dept. Head PT. Indocement Tunggal Tbk), Dr. Ir. Irdika Mansur M. For. Sc (Dosen Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor), Eko Purnomo, ST (Manager of Mine Reclamation PT. Semen Indonesia Persero Tbk). Registrasi peserta dilakukan di depan Gymnasium yaitu pada acara Bioexpo. Rangkaian acara hari kedua meliputi pembawaan materi oleh pembicara, hiburan, pengumuman pemenang lomba dan diakhiri dengan penutupan pada pukul 16.00 WIB.

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini