Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Skenario Lulus di Bawah 8 Semester

  • 2 April 2014
  • Terakhir diubah pada 2 April 2014

Bisakah lulus menjadi sarjana Biologi dalam waktu 8 semester atau kurang?

Jawab: bisa

Berikut adalah skenario yang bisa dilakukan:

1. Kuliah normal di semester 1 dan 2 (Tingkat Persiapan Bersama).
kendala utama di semester 1 adalah adaptasi
segera hubungi dosen Bimbingan dan Konseling untuk memperoleh gambaran belajar di IPB dan mendiskusikan berbagai masalah yang timbul pada masa-masa awal di IPB
jalin komunikasi yang baik dengan kakak pendamping Asrama untuk memperoleh gambaran cara belajar yang efektif dalam lingkungan asrama

2. Kuliah normal di semester 3 dan 4
Kendala utama adalah memilih minor atau kuliah penunjang sesuai minat dan tepat.
Segera jalin komunikasi dengan Dosen Pembimbing Akademik yang ditunjuk
Sesuaikan antara minat dan bakat dalam memilih minor ataupun mata kuliah penunjang (supporting course)
Dalam masa alih semester akan ada kegiatan akademik, yaitu: wajib Studi Lapang dengan beban 2 sks. SL ini akan berlangsung selama 4 minggu sejak UAS semester 4 berakhir; dan optional: ambillah mata kuliah yang ditawarkan di semester pendek (SP).

3. Kuliah normal semester 5 dan 6
Sejak awal semester 6, cari informasi tentang lokasi Praktek Lapang. Jajaki beberapa lokasi target sehingga ada opsi memilih sesuai minat dan bakat
Pantau jumlah sks dan nilai
Alih semester: seawal mungkin melaksanakan PL dan menuntaskan laporannya sebelum masuk ke semester 7

4. Kuliah normal semester 7
Sejak awal semester 7, jalin komunikasi dengan lebih dari satu dosen calon pembimbing skripsi untuk mendiskusikan peluang topik penelitian skripsi.
Biasanya di awal semester 7, Komdik akan mengumumkan tawaran topik-topik penelitian skripsi. Cermati pengumuman tsb, sesuaikan dengan minat dan bakat kemudian segera hubungi dosen yang menawarkan topik tsb.
Ingat: classmate Anda ada sekitar 100 mhs dan biasanya topik yang ditawarkan ada sekitar 30 topik.
Jika tidak berminat dengan salah satu dari sekumpulan topik yang ditawarkan, segera hubungi dosen yang sekiranya akan bisa mengakomodasi topik penelitian yang dibawa sendiri (opsi ini terlalu beresiko) atau yang gayanya dirasa cocok.
Ingat: walaupun setiap dosen mempunyai gaya yang berbeda-beda, tetapi mereka akan selalu membantu para mahasiswa. Jadi, harap buang jauh-jauh istilah sungkan ataupun malu dari benak Anda.
Usahakan menyusun naskah kolokium lebih awal

5. Kalau semeter 8 masih ada mata kuliah yang harus diambil (biasanya mata kuliah minor atau supporting course) maka atur strategi mengatur jadwal antara kuliah dan melaksanakan penelitian. Untuk itu:
disiplin mengikuti jadwal yang telah ditentukan.
Ingat: sejak semester 1-7 Anda diatur oleh panitia jadwal. Ketika masuk ke tahap ini maka Anda-lah yang mengatur sendiri jadwal Anda.
Jika data penelitian sudah mencapai 70%, maka segera menyusun naskah seminar, dan usahakan melakukan seminar di sekitar bulan Juni-Juli. Dengan begitu, ujian skripsi bisa dilakukan di sekitar Agustus-September.

Good luck

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini