Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Lomba Cepat Tepat Biologi 2017

  • 20 November 2017
  • Terakhir diubah pada 23 November 2017

Lomba Cepat Tepat Biologi (LCTB) adalah acara kompetisi sains biologi bagi siswa/siswi SMA (sederajat) se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi (Himabio) Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan tema “Youth for Better Indonesia’s Biodiversity”. LCTB merupakan salah satu  rangkaian acara dari Pesta Sains Nasional 2017 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (BEM FMIPA) IPB. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu 18 November 2017 pukul 07.00 hingga 16.00 WIB di Graha Widya Wisuda yang dihadiri oleh 588 peserta LCTB. Acara dilanjutkan pada hari minggu 18 November 2017 pukul 07.00 hingga 17.00 WIB di GWW dan Teaching Lab. Kompetisi yang dilaksanakan tidak hanya berupa lomba, LCTB juga memiliki stand maker mengenai prestasi di bidang biologi dan peserta dapat menanyakan semua tentang biologi. Stand Maker LCTB mendapatkan penghargaan berupa ”The Best Maker” di Pesta Sains Nasional 2017.

Kegiatan LCTB dibagi menjadi tiga babak, yaitu babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Tim yang termasuk 40 besar dari babak penyisihan  LCTB berhak mengikuti rangkaian acara berupa semifinal dan seminar di Teaching Lab. Tim yang masuk kedalam 20 tim teratas mengikuti babak semifinal berupa uji ketok di Laboratorium Biologi Teaching Lab, sedangkan 20 tim lainnya mengikuti rangkaian seminar di Ruang Kuliah Teaching Lab 1.01. Acara seminar dimulai tilawah yang dibacakan oleh Rahayu Laelandi dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pelaksana, M. Fadhil Ivan Makky dan sambutan Ketua Himabio, Galih Ario Seno. Materi pertama yaitu mengenai promosi departemen yang disampaikan oleh Bapak Windra Priawandiputra, Ph.D selaku dosen biologi IPB. Sedangkan materi kedua mengenai “The Life of Orangutan’s” disampaikan oleh Ibu Dr. Puji Rianti, M.Si selaku dosen biologi IPB.

Setelah babak semifinal selesai, kegiatan dilanjutkan dengan tour lab di Laboratorium Biologi Teaching Lab oleh peserta yang mengikuti seminar. Tim yang lolos babak semifinal berjumlah 5 tim yang akan mengikuti babak final di  Ruang Kuliah Teaching Lab 1.01. Babak final dinilai oleh 4 juri yaitu Anugerah Erlaut, B. Sc., M.T, Hirmas Fuady Putra, S.Si, M.Si, Dr. Sri Listyowati, M.Si, dan Dr. Nisa Rachmania Mubarik, M.Si. Perlombaan LCTB dimenangkan oleh SMA Xaverius 1 Jambi sebagai juara 1, SMA Kharisma Bangsa sebagai juara 2 dan SMA Ummul Quro Bogor sebagai juara ketiga.

(Himabio)

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini