Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Mahasiswa Biologi dan Tim IPB Sabet Medali di Taiwan

  • 6 Desember 2017
  • Terakhir diubah pada 6 Desember 2017

Latiful Akbar dan Auliya Fikri beserta tim berhasil memperoleh prestasi bergengsi di The 2017 Asia Pacific Agriculture Undergraduate Project Competition. Kegiatan ini merupakan kompetisi paper international yang diselenggarakan oleh International College, National Pingtung University of Science and Technology (NPUST), Taiwan. Peserta yang ikut serta dalam kegiatan ini adalah mahasiswa S1 dengan berbagai jurusan. Topik utama yang diusung dalam kompetisi ini yaitu pertanian. Subtema yang dilombakan terdiri atas 3 subtema, yaitu (A) Agriculture and life science (biotechnology, sustainable horticulture production, sustainable livestock and aquaculture production, veterinary medicine, food science and safety), (B) Engineering and energy (computer science, engineering in agriculture, food engineering, sustainable soil and water development, energy application in agriculture, sensor technology), dan (C) Humanities and Management (agriculture economics, big data analysis, agritourism and hospitality, internet of things).

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, yaitu dari tanggal 23 November sampai 25 November 2017. Kegiatan ini diawali dengan opening ceremony di kampus tersebut. Acara kemudian dilakukan dengan tour ke beberapa daerah di Taiwan seperti Sun Moon Lake, Thao Culture Village yang memperkenalkan kepada para peserta mengenai budaya serta keberagaman dari Taiwan. Hari kedua merupakan hari inti karena diadakannya presentasi dari semua peserta. Presentasi dibagi sesuai denan subtemanya masing-masing. Setiap subtema menghadirkan 4 juri dari 4 negara yang berbeda. Total peserta terdiri atas 38 tim terbaik yang telah melewati tahap seleksi paper terlebih dahulu, kemudian dipresentasikan di NPUST. Tim ini berasal dari 8 negara berbeda, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Taiwan, Budappest, Jamaica, dan Filipina.  Setiap tim mempresentasikan karya dan inovasinya, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh dewan juri.

Malam penganugerahaan di laksanakan di Dream More Hall Restaurant, Kaohsiung. Penghargaan yang diberikan terdiri atas Juara 1, Juara 2, Juara 3, Best Oral Presentation, Best Content Award, dan Best Power Point Award. Penghargaan ini diberikan sesuai dengan subtema masing-masing. Tim Institut Pertanian Bogor berhasil meraih juara 1 di setiap subtema yang dilombakan. Subtema A mengenai agriculture and life science berhasil dimenangkan oleh tim Andriyani Prasetiyowati (Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan), Yoga Rivaldi (Kedokteran Hewan), dan Latiful Akbar (Biologi). Subtema B mengenai Engineering and energy berhasil dimenangkan oleh tim Deli Situmorang (Teknologi Industri Pertanian) dan Fransisca Simanjuntak (Manajemen dan Sumber Daya Lahan). Subtema C mengenai Social and humanities berhasil dimenangkan oleh tim Latiful Akbar (Biologi), Andriyani Prasetiyowati (Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan), dan Auliya Fikri (Biologi). Tim IPB juga berhasil meraih penghargaan juara 2, juara 3, dan beberapa award di berbagai subtema. Keberhasilan ini dapat memacu mahasiswa Institut Pertanian Bogor agar terus berkarya untuk kemajuaan Pertanian Indonesia.

Kegiatan The 2017 Asia Pacific Agriculture Undergraduate Project Competition ini mendukung dalam pengembangan potensi pertanian di dunia. Sebagai mahasiswa pertanian, kita harus mampu menjadi pemain dalam mengembangkan pertanian, berkontribusi dalam mengoptimalkan sumber daya pertanian. Sehingga kita dapat mencapai pertanian Indonesia yang berkelanjutan.

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini