Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Mahasiswa PS BOT dan Kegiatannya di NAIST Jepang

  • 8 Desember 2017
  • Terakhir diubah pada 12 Desember 2017

Mahasiswa Pascasarjana Program Studi Biologi Tumbuhan (BOT) Departemen Biologi melaksanakan program PKPI-PMDSU (Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional-PMDSU) sandwhich-like di Nara Institute of Science & Technology (NAIST), Jepang. Dua Mahasiswa yang mengikuti program tersebut yaitu Miftahul Huda Fendiyanto dan Rizky Dwi Satrio.

Program PKPI-PMDSU ini dilaksanakan selama 6 Bulan dimulai pada tanggal 21 Oktober 2017 hingga 21 April 2018. Kegiatan PKPI-PMDSU diselenggarakan oleh Kemenristek-Dikti untuk memberikan pengalaman mahasiswa pascasarjana untuk berinteraksi dengan dunia internasional, memfasilitasi penelitian kerjasama luar negeri, dan peningkatan kualitas publikasi internasional. Selama program ini, mahasiswa tersebut terdaftar sebagai spesial reasearch student di Laboratorium Plant Metabolic Regulation di bawah bimbingan Prof. Taku Demura, Ph.D dan Tadashi Kunieda, Ph.D.

Kegiatan PKPI yang dilakukan antara lain: diskusi mengenai topik penelitian “lokalisasi subcellular kandidat transgen toleransi aluminium” dan “pembuatan peta genetik dan QTL padi yang berkaitan dengan cekaman kekeringan”, diskusi kolaborasi dan bimbingan dengan Prof. Jien Feng Fa, Ph.D di Okayama University, pelaksanaan penelitian untuk data disertasi, dan diskusi artikel  jurnal setiap minggu mengenai Plant Metabolic Regulation. Selain itu, setiap bulan kedua mahasiswa tersebut berdiskusi melalui Skype bersama pembimbing utama di Indonesia yaitu Dr. Ir. Miftahudin M.Si. untuk melakukan pembimbingan bersama. 

 

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini