Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Kuliah Tamu: Lebih dekat dengan Orangutan Sumatera

  • 2 Juli 2018
  • Terakhir diubah pada 2 Juli 2018

Tom Roth, mahasiswa program master di Environmental Biology, Utrecht University, Belanda, datang ke Departemen Biologi untuk menyebarkan pengetahuan terbaru dalam bidang biosains hewan. Dalam kegiatan kuliah tamu yang diadakan di Ruang Baca Departemen Biologi (25 Juni 2018), Tom menjelaskan tentang perilaku pengumpulan pakan (perilaku agregasi) Orangutan Sumatera (Pongo abelii) yang tinggal di habitat hutan produksi rendah.
Tom meneliti tentang Orangutan Sumatera yang hidup di Sikundur, Sumatra Utara. 
"Orangutan Sikundur memiliki frekuensi pengumpulan pakan yang lebih rendah daripada populasi Orangutan Sumatera lain. Ini lebih mirip dengan tingkah laku Orangutan Kalimantan". Tom menjelaskan hasil risetnya. 
"Saya pikir ini tingkah laku ini dipengaruhi oleh ketersediaan buah pakan di sana. Hal ini menarik karena menunjukkan tingkah laku pengumpulan pakan Orangutan Sumatera ternyata lebih beragam dari dugaan sebelumnya", Tom menambahkan.
Tom menyimpulkan bahwa diduga masih bisa ditemukan perbedaan tingkah laku pengumpulan pakan pada berbagai populasi Orangutan Sumatera lain. 
Kegiatan kuliah tamu ini adalah hasil kerjasama Departemen Biologi yang diinisiasi oleh Dr. Puji Rianti S.Si. M.Si. (Divisi Biosistematika dan Ekologi Hewan).

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini