Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Kuliah Tamu: Protein dan Komputer

  • 16 Januari 2019
  • Terakhir diubah pada 16 Januari 2019

Dua ilmuan Jepang datang ke Departemen Biologi. Dalam acara kuliah tamu (15 Januari 2019), dua ilmuan dari Nara Insitute of Science and Technology (NAIST), Jepang menjelaskan pengetahuan baru terkait supramolekul dan arsitektur komputer. 

Dalam kesempatan pertama, Prof. Shun Hirota, menunjukkan bahwa perkembangan teknologi hayati telah membawa sebuah spekulasi bahwa beberapa molecular machines, seperti protein, dan pengetahuannya dapat digunakan dalam teknologi komputer, material nano, bahkan penyimpanan energi. 

"Protein, suatu polipeptida, sering dijumpai dalam bentuk supramolekul dan memiliki fungsi biologis yang sangat spesifik", dia menjelaskan. "Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana membuat supramolekul protein artifisial", dia menambahkan. Selanjutnya, dia menceritakan projek penelitiannya terkait perakitan protein dan penggunaannya dalam bidang kesehatan.

Pembicara kedua, Prof. Yasuhiko Nakashima, memaparkan tentang kebutuhan akan super komputer di masa sekarang. Dia menceritakan bahwa masalah yang dihadapi super komputer saat ini terutama adalah tingginya kebutuhan energi dan rendahnya performa.

"Dalam penelitian kami, kami menawarkan suatu pendekatan multithreading mechanism, yang dibarengi dengan sistem systolic arrays untuk mengatasi hal tersebut", Prof Nakashima menjelaskan. Dalam kesempatan kuliahnya, dia juga mendemonstasikan hasil penelitiannya yaitu suatu purwarupa berbasis sistem FPGA.

"Para biologis, dosen dan mahasiswa, membutuhkan pengetahuan tentang teknologi terkini. Kegiatan kuliah tamu ini akan membawa pemahaman baru terkait hubungan biologi dan teknologi", kata Dr. Berry Juliandi S.Si., M.Si., Sekretaris Departemen Biologi. "Sebagai tambahan, kegiatan ini dapat terselenggara sebagai hasil dari jejaring kerjasama Departemen Biologi IPB dengan NAIST, Jepang", lanjutnya.

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini