Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Kenalkan Biopori, Warga Babakan Kembar, Situ Gunung Siap Gali Lubang

  • 12 Juli 2019
  • Terakhir diubah pada 2 Agustus 2019

"Kegiatan ini sangat bermanfaat. Warga bersemangat melihat demo yang diberikan” ujar Juarma, ketua RT Babakan Kembar, Desa Gede Pangrango, Kadudampit yang terletak di kawasan Situ Gunung.

Bertempat di Babakan Kembar, beberapa dosen dan mahasiswa S1, S2, dan S3 di lingkungan Departemen Biologi bertemu dengan warga untuk sosialisasi lubang resapan bioipori (03/07). Inovasi IPB University ini dikenalkan pada kegiatan pengabdian masyarakat yang bertepatan dengan Studi Lapangan (2-4 Juli) Program Studi Sarjana Biologi Departemen Biologi. Kegiatan ini dipimpin oleh Dr.Dra. Nisa Rachmania M.Si, ahli mikrobiologi, yang juga memberikan materi tentang pupuk hayati.

Kegiatan ini ditutup dengan beberapa diskusi singkat dan penyerahan alat pembuat biopori dari Departemen Biologi.

“Kami siap membuat lubang sebanyak-banyaknya”, sambut salah satu warga di akhir kegiatan.

Selain berkunjung ke Babakan Kembar, Departemen Biologi juga mengadakan penyuluhan kepada volunteer yang bekerja di Situ Gunung dan beberapa warga di sekitarnya di kantor Tourism Information Center (TIC) Situ Gunung. Mereka mendengarkan pemaparan budidaya stingless bee dan praktik langsung dalam penanganan sarang lebah tak bersengat tersebut yang disampaikan oleh Dr.Ir. Rika Raffiudin M.Si., ahli lebah Departemen Biologi.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang lainnya adalah donasi buku layak baca kepada salah satu lembaga PAUD di desa Gede Pangrango. Dalam kesempatan ini, pengurus PAUD menyambut baik hadirnya berbagai buku yang berasal dari para dosen dan mahasiswa di Departemen Biologi.

Ketiga kegiatan tersebut merupakan beberapa bagian dari sumbangsih pengetahuan Departemen Biologi, IPB University kepada masyarakat. Selain dosen dan mahasiswa S1 peserta Studi Lapangan, kegiatan ini istimewa karena dapat diikuti oleh beberapa mahasiswa Pascasarjana di lingkungan Departemen Biologi.

 

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini