Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Mengintip Keterampilan Personal Branding Duta IPB

  • 1 Oktober 2021
  • Terakhir diubah pada 1 Oktober 2021

Mengintip Keterampilan Personal Branding Duta IPB dalam Webinar Softskill Living In Present (LIPS) 2021

Departemen Biologi dan Departemen Kimia bersama dengan  Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) dan Ikatan Mahasiswa Kimia (IMASIKA) FMIPA IPB  University kembali mengadakan Webinar Peningkatan Softskill Living In Present (LIPS) bertopik “Personal Branding: Social Media for Branding,” pada Sabtu, 25 September 2021

Alfiroos Joluwin, salah seorang Duta IPB dari Batch V turut berpartisipasi di dalam webinar ini sebagai pembicara. Pada kesempatan ini, Joluwin membagikan pengalamannya dalam mengelola media sosial untuk branding dan memberikan tips-tips kepada peserta webinar untuk menemukan kelebihan diri yang dapat dijadikan personal brand.

Personal brand adalah sebuah akumulasi dari pencapaian, karakter, aktivitas, kegiatan dan perjalanan, serta penampilan performa kita. Semua hal tersebut ditarik dan dikumpulkan pada satu titik yang dikenal sebagai strength.

Personal brand tidak bisa dibentuk hanya dalam satu hari, satu minggu, atau satu bulan. Bahkan satu tahun belum tentu cukup untuk membangunnya,” ujar Joluwin, “Personal brand adalah soal kekuatan, maka tidak perlu menunjukkan kelemahan diri.”

Ia memberikan 5 langkah utama untuk membangun personal brand  khusunya pada media sosial. Pertama kita harus mengidentifikasi kelebihan kita. Langkah kedua ialah menggali lebih dalam kelebihan tersebut dengan mengidentifikasi kelebihan pendukung. Setelah itu perlu kita tentukan tujuan yang ingin kita gapai dengan kelebihan tersebut. Jangan lupa, kita juga harus menentukan platform serta market yang ingin kita tuju seperti Instagram, LinkedIn, Twitter, YouTube dan lain sebagainya. Terakhir, konten dan engagement pada media sosial harus senantiasa kita atur dan sesuaikan sehingga kelebihan yang ingin kita highlight lebih mudah ditangkap oleh pengunjung media sosial kita.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia dan juga terbuka untuk masyarakat umum. Di akhir kegiatan, salah satu peserta, Deswita Aulia (15) dari MAN 9 Jakarta menyampaikan pesan dan kesannya, “acaranya menarik banget, aku jadi tahu bagaimana cara untuk menemukan personal branding aku. Ilmu yang di paparkan sangat bermanfaat.”

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini