Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Serunya Lomba Cepat Tepat Biologi Pesta Sains Nasional 2014

  • 13 November 2014
  • Terakhir diubah pada 20 April 2015

Lomba Cepat Tepat Biologi atau yang biasa dikenal dengan LCTB adalah salah satu bagian dari kegiatan Pesta Sains Nasional (PSN) (7-8 November 2014) yang diselenggarakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa FMIPA dan seluruh himpunan mahasiswa FMIPA. LCTB terdiri dari 3 tahapan utama, yaitu, babak penyisihan, semifinal, dan final.

Dari 205 kelompok peserta yang ikut babak penyisihan, akhirnya 5 kelompok mampu melaju ke babak final. Kelima kelompok peserta ini adalah kelompok dari SMA Kharisma BangsaSMA Pribadi BandungSMA N 8 JakartaSMA IT Al Bina Boarding School Bekasi, dan SMA NU M. Husni Thamrin. Khusus untuk babak final, terdapat 3 staf Departemen Biologi yang turut berperan sebagai juri. Mereka adalah Ir. Hadisunarso M.Si., Dr. Berry Juliandi M.Si. dan Mafrikhul Muttaqin M.Si.

Kelima kelompok bertarung di babak final yang terdiri dari Task Session, Throw Session, Study Case Session, dan Fight Session. Selama empat sesi babak final, masing-masing kelompok saling susul dalam perolehan nilai. Pada sesi terakhir, sesi Fight Session (cepat tepat) dimulai dan masih terjadi susul menyusul perolehan nilai. Sesi ini memungkinkan tiap kelompok memperoleh nilai yang besar atau malah mendapat pengurangan nilai karena jawaban salah. Sesi inilah yang telah membuat penonton dan peserta menahan nafas karena suasana lomba yang tegang namun seru.

Pada akhirnya, SMA N 8 Jakartalah yang keluar sebagai pemenang mendapatkan nilai tertinggi. Berikut adalah urutan pemenang selengkapnya dari para pemenang LCTB, SMA N 8 Jakarta, SMA Pribadi Bandung, SMA Kharisma Bangsa, SMA IT Al Bina Boarding School Bekasi, dan SMA NU M. Husni Thamrin. Selamat kepada pemenang. Sampai jumpa lagi di LCTB tahun depan. Terima kasih pula kami sampaikan kepada Himpunan Mahasiswa Biologi (Himabio) FMIPA IPB yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik.

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini