Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Kerjasama IPB dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

  • 12 April 2015
  • Terakhir diubah pada 21 April 2015

Pada 6 April 2015, Tim IPB yang terdiri dari Rektor, Prof. Herry Suhardiyanto, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (WRAK), Prof. Yonny Koesmaryono, Direktur Kerjasama dan Program Internasional (KSPI), Dr. Edy Hartulistyoso dan Kepala Divisi Fisiologi dan Genetika Tumbuhan, Departemen Biologi, Prof. Dr. Ir. Suharsono DEA telah melakukan kunjungan ke Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Tim IPB bertemu dengan Bupati Gowa, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Gowa, dan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Gowa yang terdiri dari para Kepala Dinas.  Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melakukan kerjasama dalam pendidikan dan penelitian dan pengembangan pertanian, khususnya kentang. Pada kesempatan tersebut, sebanyak 150 siswa terbaik SMA sekabupaten Gowa mengikuti ujian tertulis untuk program beasiswa utusan daerah (BUD). Pada siang sampai dengan malam hari, Prof. Suharsono dan Dr. Edy Hartulistyoso yang didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Pemda Gowa dan salah satu ketua fraksi DPRD Gowa, meninjau kebun kentang dan berdiskusi dengan para petani kentang di Kecamatan Tinggi Moncong. Di Kecamatan ini, luas lahan yang diperuntukkan untuk pertanaman kentang seluas 1500 ha. IPB dan Pemda Gowa berencana untuk bekerjasama merilis paling tidak satu kultivar kentang yang cocok di Kabupaten Gowa. Sambil melakukan perbanyakan bibit, uji multilokasi dan uji kebenaran varietas dan penyusunan dokumen untuk merilis varietas yang membutuhkan waktu cukup lama, IPB akan menyediakan bibit kentang Go untuk diperbanyak menjadi G1, G2, G3 dan G4 di Kabupaten Gowa.

Gambar 1: Prof. Suharsono dari Divisi Fisiologi dan Genetika Tumbuhan, Departemen Biologi IPB (ketiga dari kiri), didampingi Direktur KSPI IPB, Kepala Dinas Pertanian Pemda Gowa dan Ketua Fraksi DPRD Gowa mengunjungi pembibitan kentang di Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. 

Gambar 2: Tim IPB yang terdiri dari Prof. Herry Suhardiyanto, Prof. Yonny Koesmaryono, Dr. Edy Hartulistyoso dan Prof. Suharsono bertemu dengan Bupati Gowa beserta jajarannya dan Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Gowa.

 

 

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini