Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Pesta Cendawan 2017

  • 27 Desember 2017
  • Terakhir diubah pada 27 Desember 2017

Departemen Biologi kembali mengadakan kegiatan Pesta Cendawan pada Jumat tanggal 22 Desember 2017. Kegiatan tahunan yang dilaksanakan di Pojok Biologi Departemen Biologi ini menampilkan olahan makanan dan juga minuman yang berbahan dasar cendawan. Ada lebih dari lima makanan yang dibuat dan dipamerkan oleh mahaiswa Program Sarjana Biologi angkatan 53 di antaranya adalah milkshake jamur, jamur larva, jamur teriyaki, longsor shitake, sate jamur, float cake, funny bunny cup mush, blue morning pleurotus, perkedel jamur, nasi liwet kuping dan masih banyak lagi. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari praktikum Biodiversitas Cendawan
“Mata kuliah ini tidak hanya menjabarkan tentang keanekaragaman cendawan dan siklus hidupnya, namun juga  mengajarkan kepada mahasiswa terkait manfaat penggunanya dalam berbagai aspek kehidupan”. Kata Sumiati, asisten praktikum mata kuliah Biodiversitas Cendawan.
Makanan yang berasal dari organisme cendawan bisa berupa tempe, oncom, atau makanan dari hasil pemanfaatan ragi. Salah satu organisme cendawan lain yang dikenal sebagai jamur merupakan jenis lauk-pauk yang umum dikonsumsi. Olahan jamur di masyarakat hanya sebatas tumis-tumisan ataupun sop sehingga minat masyarakat terhadap jenis masakan ini masih tergolong rendah dibandingkan dengan masakan dari olahan daging sapi. Diadakannya Pesta Cendawan ini setiap tahun diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa terkait jamur dan pemanfaatnya. Mega, mahasiswa, menuturkan bahwa kegiatan ini dapat memberikan ide terkait diversifikasi pangan sebagai solusi kekinian guna menyokong ketahanan pangan Indonesia. Jadi jamur yang kita makan tidak melulu dalam bentuk tumisan atau sop bukan?

(Sumiati)

 

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini