Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Kegiatan Magang Mahasiswa Biosains Hewan di NAIST, Jepang

  • 10 Februari 2018
  • Terakhir diubah pada 10 Februari 2018

Kami diberi kesempatan untuk magang di Laboratorium Developmental Biomedical Science, Graduate  School of Biological Sciences, Nara Institute of Science and Technology (NAIST) di Jepang selama 9 hari (29 januari-6 februari 2018). Pihak NAIST telah memberikan kami beasiswa penuh, mulai dari akomodasi serta biaya hidup selama di Jepang. Tujuan kunjungan kami ke NAIST adalah untuk melakukan magang dalam rangka memperdalam pengetahuan dalam bidang neurosains serta ingin melakukan penelitian lanjutan pada sampel yang kami bawa dari Indonesia. Kami melakukan beberapa kegiatan di Laboratorium Biologi NAIST. Kegiatan tersebut diantaranya adalah pewarnaan sampel dengan menggunakan metode immunohistokimia, pengamatan menggunakan mikroskop fluorescence serta melakukan pemotongan sampel dengan menggunakan mikrotome beku. Selain itu kami juga diberi kesempatan oleh Sasai Sensei untuk melakukan pengamatan di laboratorium. Pengamatan tersebut mulai dari isolasi bakteri E.coli transgenik serta proses sacrifice mencit hamil untuk dilakukan isolasi embrio mencit.

Kami membawa beberapa sampel penelitian dari tesis kami. Sampel tersebut berupa sayatan otak mencit muda yang terdiri atas kontrol negatif dan perlakuan pemberian ekstrak tanaman herbal (getah kemenyan, biji anggur, bacopa, dan kacang hijau). Sampel yang kami bawa tersebut telah dipreparasi dengan menggunakan metode paraffin-embedded tissue untuk immunohistokimia. Prosedur untuk pewarnaan immunohistokimia menggunakan antibodi primer dan antibodi sekunder. Antibodi yang kami gunakan adalah SOX2 (kelinci) dan TuJ (mencit). Antibodi SOX2 akan mewarnai neural progenitor cell (NPC) dengan sel positif yang terlihat berwarna merah sementara TuJ akan mewarnai sel neuron dewasa dengan sel positif yang terlihat berwarna hijau.

Selain itu, kami juga diberi dua buah sampel berupa sayatan otak embrio ayam dan mencit yang telah dipreparasi dengan menggunakan metode cryo sections. Kedua sampel tersebut digunakan sebagai pembanding pada pewarnaan immunohistokimia dengan sampel yang kami bawa sebelumnya.

Kami mendapat informasi terkait penelitian dan kegiatan laboratorium yang sedang dilakukan di Lab Biologi NAIST. Mahasiswa di Lab Biologi NAIST sedang banyak meneliti neural tube embrio dari ayam. Mereka sedang ingin mengamati perkembangan ekspresi gen dari neural tube embrio ayam. Kegiatan magang ditutup dengan acara tea time bersama Sasai Sensei, NishiSensei serta mahasiswa pasca sarjana yang berada di Lab Biologi NAIST.

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini