Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Pendalaman Materi Biologi untuk Siswa-Siswi SMA Al-Wafi Islamic Boarding School dan MA Al-Ihsan

  • 16 Desember 2019
  • Terakhir diubah pada 16 Desember 2019

Latar Belakang dan Deskripsi Program

Selama ini, siswa-siswi di sekolah banyak mendapatkan pelajaran dari  para guru, namun yang diberikan umumnya berupa teori, sedangkan praktikumnya masih kurang.  Untuk beberapa sekolah yang fasilitas laboratoriumnya sudah memadai, tentunya hal ini tidak menjadi masalah, namun bagi sekolah lainnya yang memiliki keterbatasan dalam laboratorium, tentunya ini menjadi suatu tantangan.

 Pelajaran yang diberikan umumnya akan lebih mudah dimengerti oleh siswa bila disertai dengan kegiatan praktikum.  Untuk itulah, Teaching Lab Biologi PPKU selama ini sudah mengadakan pembimbingan praktikum bagi sekolah-sekolah mulai dari SMP sampai SMA.

 Tanggal 30 Oktober, 6 November, dan 13 November  Laboratorium Biologi PPKU mengadakan bimbingan praktikum bagi siswa-siswi dari SMA Al-Wafi Islamic Boarding School dari Depok, dan pada tanggal 20 November 2019 membimbing siswa Madrasah Aliyah Al-Ihsan dari Leuwiliang.

Kegiatan ini dipandu oleh beberapa orang dosen yaitu Dr Sri Listiyowati, Dr Nunik Sri Ariyanti, Dr Dorly, Ir Hadisunarso, MSi, Ir Tri Heru Widarto, MSc, Dr Dyah Perwitasari, Dr Rika Indri Astuti, Dra Hilda Akmal, MSi, dan Dr Nina Ratna Djuita.

 Banyaknya siswa-siswi yang dibimbing adalah sebagai berikut: Tanggal 30 Okt 2019 ada 26 siswa dari SMA Al-Wafi dengan pendalaman materi berupa praktikum Transpirasi pada Tumbuhan dan Struktur dan Fungsi Tubuh Hewan.

 Tanggal 6 Nov 2019 sebanyak 39 siswa SMA Al-Wafi mengikuti praktikum dengan materi berupa Pengenalan Mikroskop dan Keanekaragaman Protozoa

 Tanggal 13 Nov 2019 ada 28 siswa SMA Al-Wafi yang mengikuti praktikum dengan materi Pembelahan Mitosis dan Meiosis

 Tanggal 20 Nov 2019 22 siswa Madrasah Aliyah Al-Ihsan mengikuti praktikum Pewarnaan Sederhana dan Keanekaragaman Tumbuhan.

 Proses Implementasi

Hasil kegiatan ini dapat menambah pengetahuan bagi siswa-siswi dengan melihat benda atau objek secara langsung. Di samping itu, karena kegiatan ini juga banyak menggunakan mikroskop, siswa-siswi dapat mengenal bagian-bagian mikroskop dan mempunyai keterampilan untuk menggunakannya.  Keterampilan ini diperlukan dalam pengamatan objek-objek yang berukuran mikroskopis.

 

 Tantangan dan Lesson Learned

Kegiatan ini mendukung program Sustainable Development Goals (SDGs) no 4. Pendidikan yang Berkualitas.  Siswa-siswi SMA dan Madrasah Aliyah mendapatkan pengetahuan tentang suatu materi dengan melihat objeknya secara langsung.

 Replicability

Adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan keinginan siswa untuk mempelajari  lebih detail terhadap materi yang diberikan dan dan dapat berpikir lebih kritis.

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini