Bahasa  
Website resmi Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB

Pencarian

triangle

Berita

Mahasisa Belajar Membedakan antara Berita Hoax dan Fakta

  • 1 Oktober 2021
  • Terakhir diubah pada 1 Oktober 2021

Melawan Berita Bohong Menggunakan Hoax Buster Tools dalam Webinar Softskill Living In Present (LIPS) 2021

Departemen Biologi dan Departemen Kimia bersama dengan  Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) dan Ikatan Mahasiswa Kimia (IMASIKA) FMIPA IPB  University pada Sabtu, 11 September 2021 mengadakan Webinar Peningkatan Softskill Living In Present (LIPS) bertopik “Antihoax: How to Debunking Hoax”. Webinar ini mengupas tuntas mengenai Hoax yang mencakup definisi disinformasi dan misinformasi, siapa yang menyebarkan hoax, mengapa dan bagaimana hoax bisa beredar di masyarakat, cara mengecek kebenaran suatu berita dan cara untuk menangani hoax.
Pembicara pada webinar ini adalah Fadhli Sofyan, seorang digital strategist di salah satu perusahaan media Indonesia Kumparan. Beliau menjelaskan jenis-jenis informasi yang tidak akurat (hoax) dan cara-cara yang dapat dilakukan agar tidak mudah termakan hoax.
Ada beberapa hal menarik yang disampaikan oleh nara sumber. 
Proses  dan produksi informasi yang terdapat di internet tidak sama dengan media konvensional dan dalam hal ini dapat berpengaruh terhadap kualitas dan ketepatan penyampaian informasi.  Saat menganalisa suatu berita, seseorang harus memiliki sikap skeptis, keingintahuan dan berusaha memverifikasi informasi yang kita terima. Kita harus bisa mengenali informasi mana yang valid, media mana yang kredibel, dan sumber-sumber mana yang bisa kita percaya serta mencermati sumber dan isi beritanya. Beliau juga menambahkan hal-hal yang berkaitan dalam menangani hoax seperti mengecek keaslian foto, video, dan menanyakan kebenaran informasi di dalam berita kepada ahli yang bersangkutan. 
Pada sesi training antihoax, para peserta dilatih untuk memeriksa fakta dari berita-berita yang beredar menggunakan website atau aplikasi cek fakta. Beberapa sumber dan tools yang bisa digunakan antara lain adalah web yang berasal dari Kominfo; cekfakta.com; cekfakta.tempo.co; hoax buster tools, turnbackhoax.id; snopes, hoax eye, dan hoax buster vaksin corona oleh Kumparan.
Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia dan juga terbuka untuk masyarakat umum. Di akhir kegiatan, salah satu peserta Webinar Softskill LIPS, Kevinka Imamilia Putri dari Institut Teknologi Sumatera (ITERA) memberikan kesan dan pesannya setelah mengikuti webinar ini. “Sangat memuaskan, dan materi sangat mudah dimengerti dan dipahami. Penyampaian materi pun sangat baik. Semoga setelah webinar ini kita sudah bisa mengetahui berita yang fakta dan hoax.”

 

Eksport Artikel

Sebarkan artikel ini