Language  
Official website: Department of Biology, Faculty of Mathematics and Natural Sciences IPB

Site Search

triangle

Silabus S2 Biosains Hewan

  • Last modified at 25 April 2016
Silabus Mata Kuliah
     
PPS500 Bahasa Inggris 3(3-0)
Mata kuliah ini berbobot 3 SKS dan merupakan mata kuliah yang terbuka bagi seluruh mahasiswa pascasarjana baik program magister maupun doktor. Pelajaran Bahasa Inggris diberikan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa SPs dalam memperdalam ilmu, khususnya untuk meningkatkan kemampuan membaca materi akademik, menulis, membuat ringkasan hasil penelitian dan menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris, baik secara pasif maupun secara aktif.
 
 
PPS690 Seminar 1(0-1)
Seminar adalah penyajian hasil-hasil penelitian (tesis atau disertasi) dalam suatu forum ilmiah Sekolah Pascasarjana untuk mendiseminasikan hasil penelitian , baik secara tertulis maupun secara lisan, menyerap masukan dari forum untuk penyempurnaan tesis, menambah wawasan ilmiah, dan meningkatkan kompetensi komunikasi ilmiah Memberikan cara penulisan berbagai karya ilmiah yang mencakup penulisan usulan proyek dan laporan, termasuk juga cara penyampaian dan penyajian data, pembuatan slide dan transparansi, serta penggunaan komputer dengan Liquid Crystal Display (LCD) Viewer
 
 
BIO551 Morfometrika 3(2-3)
Mempelajari model spesiasi morfogenetik untuk mendeskripsi ukuran dan bentuk organisme dan teori pertumbuhan. Evolusi sifat-sifat hayati arsitektur tubuh dan pertumbuhan. Interferensi untuk mendapatkan bentuk-bentuk nenek moyang.
 
Berry Juliandi
BIO555 Sistematika Hewan 3(2-3)
Mempelajari tatanama, deskripsi dan klasifikasi hewan. Kategori spesies dan infraspesifik. Klasifikasi dan kategori tingkat tinggi. Prosedur-prosedur taksonomi. Prinsip tipe. Etika di dalam taksonomi. International Code of Zoological Nomenclature.
 
 
BIO562 Perilaku Hewan 3(2-3)
Kuliah Perilaku Hewan dengan pendekatan evolusi menganalisis perilaku eksperimen dan ekologi perilaku; konsep dari gen hingga perilaku; sistem saraf-hormon dan kaitannya dengan perilaku yang diturunkan dan perilaku yang dipelajari; sosiobiologi vertebrata dan artropoda; ekologi perilaku yang mencakup: pemilihan habitat, daerah teritorial, migrasi, adaptasi dalam mencari makan, perilaku predator dan perilaku adaptif menghadapi predator, sistem kawin dan pemeliharaan anak serta konflik yang terjadi.
 
 
BIO590 Metode Ilmiah 2(2-0)
Mempelajari bagaimana pengetahuan baru diciptakan. Sains faktual vs sains ideal. Hal: sifat dan hukum. Kognisi dan pengetahuan. Persepsi dan pengamatan. Pengujian dan bukti. Tata cara penulisan karya ilmiah. Metode penelitian. Pembuatan proposal penelitian.
 
 
BOT601 Kolokium 1(1-0)
Kolokium merupakan sarana bagi mahasiswa untuk menyajikan rencana penelitian tesis yang telah dikonsultasikan dengan komisi pembimbing. Kolokium dilaksanakan di depan mahasiswa, dosen pembimbing, dan pengampu mata kuliah. Hasil akhir dari kolokium berupa proposal penelitian yang telah siap digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan penelitian tesis.
 
 
BIO553 Mikroteknik Hewan 3(2-3)
Mata kuliah ini membahas teknik pembuatan sediaan mikroskopis hewan. Topik bahasan mencakup metode preparasi sediaan mikroskopis hewan, teknik visualisasi, penggunaan mikroskop elektron dan alat fotografi, serta teknik quantifikasinya secara manual maupun semi-otomatis.
 
 
BIO557 Somatometri dan Somatoskopi 3(2-3)
Somatometri dan Somatoskopi
 
 
BIO552 Evolusi Organik 3(2-3)
Membahas proses-proses perubahan organisme hidup dilihat dari faham Darwinisme klasik dan neo-darwinisme. Selain itu dibahas pula dari sisi faham lain seperti teori neutralisme dari Kimura dan faham lain yang tidak sejalan dengan konsep darwinisme dalam evolusi. Kajian menyeluruh di dalam membahas proses terbentuknya keragaman dan hilangnya variasi-variasi pada proses spesiasi didasarkan pada pendekatan ekologi, biogeografi, paleontologi dan perubahan molekuler.
 
 
BIO564 Neurosains 3(2-3)
Mata kuliah ini membahas perkembangan, struktur, dan fungsi sistem saraf hewan, khususnya serangga dan mammalia. Cakupan utama pembahasan adalah pada regulasi tingkat molekuler dan seluler, disertai beberapa contoh regulasi tingkat sistem dan tingkah laku, serta peran neurosains dalam bidang biomedis.
 
 
BIO566 Biologi Molekular Hewan 3(2-3)
Mata kuliah ini membahas teknik analisis bahan hayati dari hewan dan penggunaannya untuk mempelajari hewan; kode etik penggunaan hewan lab; kondisi fisiologis sampling sampel; beragam teknik analisis protein dan DNA.
 
 
BIO655 Biologi Mamalia Kecil 3(2-3)
Membahas biologi mamalia kecil berdasarkan karakteristik spesifiknya serta sebaran dan habitat yang disukainya. Sebagai hewan yang sangat adaptif pada berbagai lingkungan maka karakteristik ekologi, perilaku, dan pola adaptasi fisiologinya dikaji secara menyeluruh. Peran, pengaruh dan pemanfaatan hewan ini baik sebagai hewan percobaan maupun hewan ternak dibahas secara lengkap.
 
 
BIO657 Biologi Arthropoda 3(2-3)
Kuliah Biologi Arthropoda membahas megadiversiti arthropoda yang sukses dalam evolusi dengan menguasai berbagai tipe habitat; Sistematika, molekular dan morfologi Ecdysozoa, Panartropoda (Onychopora, Tardigrada) dan Arthropoda (Chelicerata, Crustacea, Uniramia); Fisiologi Arthropoda: siklus hidup, ekdisis, hormon, komunikasi, habitat dan perilaku arthropoda; peranan arthropoda bagi manusia
 
 
BIO659 Eksplorasi Habitat 3(2-3)
Dalam mata kuliah ini dipelajari tentang tipe-tipe habitat, biogeografi, biodiversitas: ragam, deskripsi, model, dan analisis; metode sampling (avertebtara dan vertebrata) termasuk proper care and use of wildlife in field research, desain penelitian, analisis data, dan analisis populasi. Praktikum dalam mata kuliah ini berupa kerja lapangan dalam kelompok dan field work bersama ke daerah konservasi/habitat alami.
 
 
BIO667 Evolusi Molekuler 3(2-3)
Uraian evolusi makromolekul menyangkut kecepatan dan pola perubahan yang terjadi pada material genetik (sekuen DNA dan lain-lain) serta produk ikatannya (protein dan lain-lain) selama waktu evolusi dan beberapa mekanisme yang bertanggung jawab terhadap perubahan-perubahan tersebut. Rekontruksi sejarah evolusi dari gen-gen dan organisme (phylogeny molecular), penggunaan teknologi DNA untuk keperluan studi evolusi dan keragaman genetik dan rekayasa genetik.
 
 
BIO654 Genetika Populasi 3(2-3)
Dalam mata kuliah ini dipelajari prinsip-prinsip genetik yang mempengaruhi populasi manusia, hewan, tumbuhan dan mikroba. Populasi dalam hal ini dapat berupa populasi alami dan buatan. Pemahaman tentang genetika populasi dapat bermanfaat dalam bidang biomedis, hukum, bioteknologi, biologi molekuler, biologi sel, sosiologi dan antropologi.
 
 
BIO662 Biologi Serangga Sosial 3(2-3)
Kuliah Biologi Serangga Sosial membahas biologi lebah, semut dan rayap yang memiliki karakter biologi yang sangar berbeda dibandingkan dengan serangga soliter. Dari segi fisiologi, serangga social memiliki banyak kelenjar di dalam tubuh yang menghasilkan berbagai jenis feromon. Feromon tersebut antara lain berfungsi: menyatukan ribuan anggota koloni membentuk superorganism, pertahanan koloni, dan merekruit anggota koloni dalam pencarian makanan. Adanya pemeliharaan anak di serangga sosial yang membentuk sistem kasta. Karakter spesifik lain dari seranga social lain adalah adanya poliandri dan poligini serta sistem genetik haplodiploid yang kompleks.
 
 
BIO664 Biologi Serangga Polinator 3(2-3)
Dalam mata kuliah ini dipelajari tentang koevolusi serangga tanaman, mutualisme serangga-tanaman, polinasi tanaman, bentuk, struktur, advertisement bunga, dan nutrisi bunga. Keanekaragaman polinator (termasuk vertebrata dan abiotik polination), perilaku foraging dan faktor lingkungan, efisiensi polinasi, flower constancy, dan energi polinasi. Analisis data keragaman polinator. Mata kuliah ini dilengkapi dengan praktikum.
 
 
BIO656 Zoogeografi 3(2-3)
Mempelajari dasar teoritis dan praktis dari persebaran hewan dalam dimensi ruang dan waktu, pola-pola persebaran hewan di wilayah geografi Indonesia dan mekanisme spesiasi.
 
 
BIO651 Herpetologi 3(2-3)
Mempelajari keanekaragaman kelompok hewan Amfibia dan Reptilia, mulai dari morfologi, fisiologi, reproduksi sampai ke molekular. Pembahasan ditekankan pada herpetofauna Indonesia.
 
 
BIO652 Bioantropologi 3(2-3)
Mempelajari kehidupan manusia dan variasi-variasi hayatinya. Sosiologi primata. Pertumbuhan, komposisi tubuh dan antropometri. Adaptasi dan ekologi manusia. Migrasi dan mikroevolusi.
 
 
BIO658 Biologi Serangga Berguna 3(2-3)
Dalam mata kuliah ini diawali dengan pengenalan ordo-ordo serangga sebagai dasar dalam pemahaman dalam pembahasan tentang serangga-serangga berguna. Dalam pembahasan selanjutnya mencakup ragam dan produk serangga berguna dan biologi serangga berguna: soil-dwelling dan scavenger insects, serangga predator dan parasitoid dan serangga polinator. Di akhir perkuliahan dibahas tentang produk serangga sebagai industri (apiculture dan sericulture). Mata kuliah ini dilengkapi dengan praktikum.
 
 
BIO661 Metode Observasi Hewan 3(2-3)
Matakuliah ini menyajikan materi yang metode pengamatan perilaku di alam seperti scan sampling, ad libitum dan focal animal sampling, perilaku hewan sebagai interaksi antara dirinya dengan lingkungan, pendekatan metode yang berkaitan dengan penelitian yang berhubungan dengan perilaku stereotyped, acquired dan persepsi.
 
 
BIO663 Fisiologi Tradisi 3(2-3)
Matakuliah ini membahas sumberdaya fauna lokal dan interaksinya dengan budaya masyarakat setempat; ekofisiologi hewan dan nilai penting penggunaannya; kecenderungan adaptasi dari fisiologi, anatomi dan perilaku hewan; budaya konservasi; penggunaan hewan dalam upacara, kesehatan, ekonomi dan seni.
 
 
BIO600 Tugas Pra-tesis 3(2-3)
Tugas Pra-tesis
 
 
BIO554 Ekologi Hewan 3(2-3)
Membahas mengenai respon hewan terhadap keadaan lingkungan biotik dan abiotiknya terkait dengan strategi eksplorasi sumberdaya (optimal foraging), strategi adaptasi (theory of the games), perubahan perilaku (behavioural ecology), dan strategi lainnya yang memungkinkan hewan mampu mengoptimalkan fitnessnya dan dapat bertahan hidup pada lingkungan yang berubah.
 
 
BIO653 Primatologi 3(2-3)
Dalam mata kuliah ini dipelajari aspek-aspek biologi dari ordo Primata termasuk prosimian anthropoid, monyet dunia baru, kera dan manusia.
 
 
BIO665 Biologi Annelida 3(2-3)
Mempelajari berbagai aspek biologi Annelida, meliputi asal-usulnya, keanekaragaman, anatomi, morfologi, fisiologi, dan hubungannya dengan lingkungan abiotik dan biotik, termasuk manusia.
 
 
BIO699 Tesis dan Ujian Akhir 7
Merupakan tugas akhir mahasiswa program magister di Departemen Biologi sebagai salah satu syarat kelulusan yang meliputi kegiatan penelitian baik di laboratorium maupun di lapang, penulisan tesis, dan publikasi ilmiah minimal pada jurnal nasional.
 
 
BIO666 Arthropoda Akuatik 3(2-3)
Mempelajari berbagai aspek biologi Arthropoda akuatik, meliputi asal-usulnya, keanekaragamannya, anatomi, morfologi, fisiologi, dan hubungannya dengan lingkungan abiotik dan biotik, termasuk manusia.
 
 
BIO668 Biologi Moluska 3 (2-3)
Mempelajari berbagai aspek biologi Moluska, meliputi asal-usulnya, keanekaragamannya, anatomi, morfologi, fisiologi, dan hubungannya dengan lingkungan abiotik dan biotik, termasuk manusia.

Export Article

Share this article