Language  
Official website: Department of Biology, Faculty of Mathematics and Natural Sciences IPB

Site Search

triangle

Silabus S3 Biosains Hewan

  • Last modified at 25 April 2016
Silabus Mata Kuliah
     
PPS500 Bahasa Inggris 3(3-0)
Mata kuliah ini berbobot 3 SKS dan merupakan mata kuliah yang terbuka bagi seluruh mahasiswa pascasarjana baik program magister maupun doktor. Pelajaran Bahasa Inggris diberikan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa SPs dalam memperdalam ilmu, khususnya untuk meningkatkan kemampuan membaca materi akademik, menulis, membuat ringkasan hasil penelitian dan menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris, baik secara pasif maupun secara aktif.
 
 
PPS702 Falsafah Sains 2(2-0)
Pengkajian pengetahuan dan sains secara luas yang mencakup epistemologi (logika, ontologi, aksiologi, teleologi), etika, estetika, dan pembahasan peranan ipteks dan moralitas dalam kehidupan untuk mencari kebenaran demi kemaslahatan umat manusia. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS.
 
 
BIO655 Biologi Mamalia Kecil 3(2-3)
Membahas biologi mamalia kecil berdasarkan karakteristik spesifiknya serta sebaran dan habitat yang disukainya. Sebagai hewan yang sangat adaptif pada berbagai lingkungan maka karakteristik ekologi, perilaku, dan pola adaptasi fisiologinya dikaji secara menyeluruh. Peran, pengaruh dan pemanfaatan hewan ini baik sebagai hewan percobaan maupun hewan ternak dibahas secara lengkap.
 
 
BIO657 Biologi Arthropoda 3(2-3)
Kuliah Biologi Arthropoda membahas megadiversiti arthropoda yang sukses dalam evolusi dengan menguasai berbagai tipe habitat; Sistematika, molekular dan morfologi Ecdysozoa, Panartropoda (Onychopora, Tardigrada) dan Arthropoda (Chelicerata, Crustacea, Uniramia); Fisiologi Arthropoda: siklus hidup, ekdisis, hormon, komunikasi, habitat dan perilaku arthropoda; peranan arthropoda bagi manusia
 
 
BIO659 Eksplorasi Habitat 3(2-3)
Dalam mata kuliah ini dipelajari tentang tipe-tipe habitat, biogeografi, biodiversitas: ragam, deskripsi, model, dan analisis; metode sampling (avertebtara dan vertebrata) termasuk proper care and use of wildlife in field research, desain penelitian, analisis data, dan analisis populasi. Praktikum dalam mata kuliah ini berupa kerja lapangan dalam kelompok dan field work bersama ke daerah konservasi/habitat alami.
 
 
BIO667 Evolusi Molekuler 3(2-3)
Uraian evolusi makromolekul menyangkut kecepatan dan pola perubahan yang terjadi pada material genetik (sekuen DNA dan lain-lain) serta produk ikatannya (protein dan lain-lain) selama waktu evolusi dan beberapa mekanisme yang bertanggung jawab terhadap perubahan-perubahan tersebut. Rekontruksi sejarah evolusi dari gen-gen dan organisme (phylogeny molecular), penggunaan teknologi DNA untuk keperluan studi evolusi dan keragaman genetik dan rekayasa genetik.
 
 
BIO654 Genetika Populasi 3(2-3)
Dalam mata kuliah ini dipelajari prinsip-prinsip genetik yang mempengaruhi populasi manusia, hewan, tumbuhan dan mikroba. Populasi dalam hal ini dapat berupa populasi alami dan buatan. Pemahaman tentang genetika populasi dapat bermanfaat dalam bidang biomedis, hukum, bioteknologi, biologi molekuler, biologi sel, sosiologi dan antropologi.
 
 
BIO662 Biologi Serangga Sosial 3(2-3)
Kuliah Biologi Serangga Sosial membahas biologi lebah, semut dan rayap yang memiliki karakter biologi yang sangar berbeda dibandingkan dengan serangga soliter. Dari segi fisiologi, serangga social memiliki banyak kelenjar di dalam tubuh yang menghasilkan berbagai jenis feromon. Feromon tersebut antara lain berfungsi: menyatukan ribuan anggota koloni membentuk superorganism, pertahanan koloni, dan merekruit anggota koloni dalam pencarian makanan. Adanya pemeliharaan anak di serangga sosial yang membentuk sistem kasta. Karakter spesifik lain dari seranga social lain adalah adanya poliandri dan poligini serta sistem genetik haplodiploid yang kompleks.
 
 
BIO656 Zoogeografi 3(2-3)
Mempelajari dasar teoritis dan praktis dari persebaran hewan dalam dimensi ruang dan waktu, pola-pola persebaran hewan di wilayah geografi Indonesia dan mekanisme spesiasi.
 
 
BIO651 Herpetologi 3(2-3)
Mempelajari keanekaragaman kelompok hewan Amfibia dan Reptilia, mulai dari morfologi, fisiologi, reproduksi sampai ke molekular. Pembahasan ditekankan pada herpetofauna Indonesia.
 
 
BIO652 Bioantropologi 3(2-3)
Mempelajari kehidupan manusia dan variasi-variasi hayatinya. Sosiologi primata. Pertumbuhan, komposisi tubuh dan antropometri. Adaptasi dan ekologi manusia. Migrasi dan mikroevolusi.
 
 
BIO658 Biologi Serangga Berguna 3(2-3)
Dalam mata kuliah ini diawali dengan pengenalan ordo-ordo serangga sebagai dasar dalam pemahaman dalam pembahasan tentang serangga-serangga berguna. Dalam pembahasan selanjutnya mencakup ragam dan produk serangga berguna dan biologi serangga berguna: soil-dwelling dan scavenger insects, serangga predator dan parasitoid dan serangga polinator. Di akhir perkuliahan dibahas tentang produk serangga sebagai industri (apiculture dan sericulture). Mata kuliah ini dilengkapi dengan praktikum.
 
 
BIO661 Metode Observasi Hewan 3(2-3)
Matakuliah ini menyajikan materi yang metode pengamatan perilaku di alam seperti scan sampling, ad libitum dan focal animal sampling, perilaku hewan sebagai interaksi antara dirinya dengan lingkungan, pendekatan metode yang berkaitan dengan penelitian yang berhubungan dengan perilaku stereotyped, acquired dan persepsi.
 
 
BIO663 Fisiologi Tradisi 3(2-3)
Matakuliah ini membahas sumberdaya fauna lokal dan interaksinya dengan budaya masyarakat setempat; ekofisiologi hewan dan nilai penting penggunaannya; kecenderungan adaptasi dari fisiologi, anatomi dan perilaku hewan; budaya konservasi; penggunaan hewan dalam upacara, kesehatan, ekonomi dan seni.
 
 
BOT701 Kolokium 1
Kolokium merupakan sarana bagi mahasiswa untuk menyajikan rencana penelitian disertasi yang telah dikonsultasikan dengan komisi pembimbing. Kolokium dilaksanakan di depan mahasiswa, dosen pembimbing, dan pengampu mata kuliah. Hasil akhir dari kolokium berupa proposal penelitian yang telah siap digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan penelitian disertasi.
 
 
BIO754 Ekologi Molekular 3(2-3)
Dalam mata kuliah ini dipelajari beberapa aspek komunitas dan populasi hewan dengan pendekatan molekular. Kuliah diawali dengan membahas berbagai metode molekular mulai dari teknik mengumpulkan dan menyimpan sampel, analisis polimorfisme protein dan polimorfisme DNA. Selain itu, akan dibahas beberapa fenomena distribusi geografik hewan yang dihubungkan dengan ruang dan waktu.
 
 
BIO756 Analisis Genom 3(2-3)
Membahas mengenai organisasi dan struktur genom, pemecahan dan penguraian genom dengan berbagai macam teknik (enzim restriksi, sekuen analisis, hibridisasi, chromosome walking, dsb), menemukan gen dalam genom yang besar, berbagai cara pemetaan genom manusia, tanaman, dan hewan, analisis lokus-lokus penyandi karakter kuantitatif (QTL), dan analisis DNA inti serta DNA sitoplasmik.
 
 
BIO753 Manusia Bhinneka Tunggal Ika 3(2-3)
Mempelajari keanekaragaman sejarah manusia dengan tujuan untuk memahami apakah maknanya menjadi manusia. Aspirasi, altruisme dan kesejahteraaan. Migrasi, genetika demografis dan mikroevolusi. Bumi yang satu: cukupkah?
 
 
BIO761 Perilaku Eksperimentasi 3(2-3)
Matakuliah ini menyajikan materi mengenai eksperimen perilaku dengan menggunakan classical dan operant conditioning, desain eksperimen, paradigma perilaku, hubungan antara stimuli dan response, probe untuk mempelajari perilaku, neuron sensoris dan motoris.
 
 
BIO701 Metode Komparatif 3
Mempelajari cara-cara penarikan kesimpulan di dalam riset biologi. Biologi sebagai factual science. Sifat-sifat hayati: jendela menuju hukum-hukum alam yang mengendalikan kehidupan. Homologi dan analogi. Eksperimen: konfirmasi v. falsifikasi. Silogisme dan prinsip parsimoni.
 
 
BIO653 Primatologi 3(2-3)
Dalam mata kuliah ini dipelajari aspek-aspek biologi dari ordo Primata termasuk prosimian anthropoid, monyet dunia baru, kera dan manusia.
 
 
BIO799 Disertasi dan Ujian Akhir 13
Merupakan tugas akhir mahasiswa program doktor di Departemen Biologi sebagai salah satu syarat kelulusan yang meliputi kegiatan penelitian baik di laboratorium maupun di lapang, dan penulisan disertasi
 
 
BIO702 Tugas Prapenelitian 3
Mata kuliah Topik Khusus mencakup pra-penelitian dan studi pustaka yang mengarah kepada penelitian untuk disertasi.
 
 
BIO797 Publikasi Ilmiah Internasional 4
Merupakan bagian dari kegiatan penelitian disertasi yang dituangkan ke dalam artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi
 
 
BIO798 Publikasi ilmiah 2 4
Merupakan bagian dari kegiatan penelitian disertasi yang dituangkan ke dalam artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah internasional yang memiliki reputasi
 
 
PPS790 Seminar 1(0-1)
Seminar adalah penyajian hasil-hasil penelitian (tesis atau disertasi) dalam suatu forum ilmiah Sekolah Pascasarjana untuk mendiseminasikan hasil penelitian , baik secara tertulis maupun secara lisan, menyerap masukan dari forum untuk penyempurnaan tesis, menambah wawasan ilmiah, dan meningkatkan kompetensi komunikasi ilmiah Memberikan cara penulisan berbagai karya ilmiah yang mencakup penulisan usulan proyek dan laporan, termasuk juga cara penyampaian dan penyajian data, pembuatan slide dan transparansi, serta penggunaan komputer dengan Liquid Crystal Display (LCD) Viewer
 
 
BIO704 Topik Khusus 3(2-3)
Topik Khusus

Export Article

Share this article