News
Pendalaman Materi Biologi untuk Musyawarah Guru Mata Pelajaran Biologi MA Jakarta - Bogor
- 16 December 2019
- Last modified at 16 December 2019
Latar Belakang dan Deskripsi Program
Pesatnya perkembangan ilmu biologi di dunia dan kemajuan teknologi informasi (TI) menjadi suatu tantangan bagi para pendidik ilmu biologi di SMA dan sederajat. Tantangan ini dapat berupa tantangan dalam mendapatkan informasi terkini mengenai perkembangan ilmu biologi di era revolusi industri 4.0. Tantangan berikutnya adalah cara penyampaian materi dalam tatap muka di kelas serta cara pengaplikasian materi tersebut dalam bentuk praktek sederhana. Untuk menjawab tantangan tersebut, Departemen Biologi, FMIPA, IPB mengadakan suatu kegiatan khusus untuk para guru SMA dan sederajat.
Tanggal 12 dan 19 November 2019, Departemen Biologi FMIPA, Institut Pertanian Bogor mengadakan Pendalaman Materi Biologi untuk Musyawarah Guru Mata Pelajaran Biologi Madrasah Aliyah Jakarta – Bogor (MGMP MA Jakarta). Pendalaman ini diberikan oleh lima dosen Departemen Biologi yaitu Dr. Nisa Rachmania, Dr. Achmad Farajallah, Dr. Kanthi Arum Widayati, Dr. Miftahudin, Prof. Dr. Tatik Chikmawati dan Dr. Nunik Sri Aryanti memberikan pendalaman materi terhadap 40 orang guru. Pendalaman Materi berupa Praktek Pewarnaan Bakter Sederhana dan Praktek Pembuatan Kladogram, serta pendalaman materi bidang perkembangan dan system pencernaan hewan serta fisiologi tumbuhan.
Proses Implementasi
Guru-guru MGMP MA Jakarta melakukan praktek pewarnaan bakteri secara sederhana yang dapat digunakan untuk mengamati berbagai bentuk morfologi bakteri, serta penataannya). Untuk pendalaman materi bidang perkembangan dan system percernaan hewan serta fisiologi tumbuhan, guru-guru diberikan perspektif pengajaran yang berbeda melalui informasi terkini dan informasi yang terkait kehidupan sehari hari agar materi dapat diterima lebih mudah oleh siswa.
Hasil dan Dampak Kegiatan
Hasil dari kegiatan ini adalah guru-guru MGMP MA dapat melakukan praktek sederhana di sekolah masing-masing dengan siswa mereka menggunakan organisme mikrob dan tumbuhan untuk mengamati variasi biologi di antara mahluk hidup dan mengetahui cara mengklasifikasikan organisme tersebut berdasarkan morfolgi. Selain itu, melalui informasi terkini dan informasi yang terkait kehidupan sehari hari, guru-guru juga dapat mengarahkan dan melatih siswa agar lebih mudah memahami materi biologi dengan acara analisis dan berpikir kritis.
Tantangan dan Lesson Learned
Kegiatan Pendalaman Materi Biologi mendukung program Sustainable Development Goals (SDGs) No. 4 Pendidikan yang Berkualitas. Guru-guru mendapat pengetahuan untuk melakukan praktikum sederhana di sekolah dan menggunakan organisme yang berada di sekitar mereka serta memperoleh pendekatan baru dalam memberikan materi ke siswa.
Replicability
Jika guru-guru mampu menunjukkan pentingnya pengetahuan terkini dalam bidang biologi melalui pendekatan sederhana dan hubungannya dalam kehidupan manusia sehari hari terhadap siswa. Hal ini dapat merangsang siswa untuk berpikir lebih kritis dan menjadi individu yang lebih peduli terhadap lingkungan.
(Penulis: Kanthi Arum Widayati, Divisi Fungsi dan Perilaku Hewan, Departemen Biologi, FMIPA, IPB).
Export Article
Share this article
News Archive
Recent News
-
Happy Ied Al Fitr 1445 H
1 April 2024
-
The 6th Summer Course on Biology
26 March 2024
-
The 1st National Webinar for Enriching Biological Concepts 2024
1 March 2024
-
The 1st National Webinar for Enriching Biological Concepts 2024
1 March 2024
-
Congratulations and Success to Animal Bioscience PhD Program
16 February 2024
-
Congratulations and Success
14 November 2023
-
Biology Study Program, IPB University Receive ASIIN International Acreditation
30 October 2023
Login
LoginSitemap
map